by

Wanita Dari India Ini Mengembangkan Bank Mikro Finance Hingga Menjadi 5.372 Cabang

Berita Tokoh Wanita, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Tidak terbayangkan Madhulika Ramteke sebelumnya, karena kini dia sudah memiliki cabang Bank yang didirikannya hingga menjadi 5.372 Cabang. Bank ini awalnya mini, dan didirikan bersama para wanita yang mengalami kekerasan rumah tangga di India.

Ramteke bukan wanita dari keturunan orang kaya, dia hanya seorang wanita yang miskin dan buta huruf namun karena kegigihannya belajar di sekolah, ia mengajarkan kembali kepada orangnya .

Pada tahun 2001 ia mendirikan Bank Kecil (seperti koperasi) bernama Maa Bamleshawari bersama wanita didesanya. Ramteke mengumpulkan tabungannya dengan wanita lain dan mulai meminjamkan kepada wanita yang ingin membayar hal-hal seperti perawatan kesehatan atau membeli sepeda bekas.

Bank kemudian mulai menyewakan tanah pada tahun 2012 dan berkembang hingga memiliki 5.372 cabang dan terdiri dari kelompok-kelompok swadaya kecil di mana 80.000 perempuan terlibat dan semua pekerjanya adalah wanita.

Program-program lain yang dijalankannya Ramteke yang lain diantaranya mengajarkan keterampilan penduduk desa-desa seperti cara menanam ubi dan cara mengelola pupuk kascing,

Di Tahun 2021 Ramteke dianugerahi pemerintah India Nari Shakti Puraskar sebagai pengakuan atas prestasinya.

210