by

Pelatihan Komputer Diikuti Warga Pulau Panggang

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 20 warga Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, mengikuti pelatihan komputer yang diselenggarakan Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kepulauan Seribu.

Kegiatan tersebut berlangsung di Rumah Dinas Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu di Jalan Ikan Betok Susu, RW 05, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang.

Kepala Seksi Ketenagakerjaan Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu, Hermawan mengatakan, para peserta pelatihan komputer merupakan lulusan SMA dan sederajat serta akan mengikuti pelatihan selama 30 hari kerja.

“Ditambah dua hari untuk ujian kompetensi yang akan dilaksanakan oleh LSP Provinsi DKI Jakarta pada hari ke 31 dan 32,” ujar Hermawan, Jumat (12/8).

Dikatakan Hermawan, usai pelatihan, para peserta yang lulus ujiian kompetensi akan mendapatkan sertifikat dari Badan Sertifikasi Profesi (BSP) tingkat nasional. Sedangkan bagi peserta yang dinyatakan tidak lulus akan mendapatkan sertifikat mengikuti pelatihan saja.

Bagi peserta yang mengikuti pelatihan hingga selesai akan dibantu disalurkan mencari pekerjaan sesuai keahlian mereka melalui aplikasi jaknaker.id dan karirhub.kemenaker.go.id.

Selama proses pelatihan, peserta juga diberikan modul pelatihan, dan hak-hak mereka dari mulai makan minum, hingga flashdisk.

“Kami beri tambahan materi pembuatan curiculum vitae (CV). Diharapkan mereka bisa masuk pasar kerja dengan kemampuan yang mereka dapatkan,” tandasnya.

Jmy