by

Tiga Penghargaan Bidang Kesehatan Diraih Pemprov DKI Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meraih tiga penghargaan dari Menteri Kesehatan dalam rangka peringatan hari Kesehatan Nasional tahun 2022.

Penghargaan bidang kesehatan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan Dirut PT Transjakarta dan disampaikan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kamis (10/11).

Dirut PT Transjakarta, Mochammad Yana Aditya mengatakan, pihaknya menerima penghargaaan Pastika Upasana Adhikara yang diberikan oleh Menteri Kesehatan yang dinilai sebagai layanan publik terbaik dalam penerapan kawasan tanpa rokok secara penuh pada tanggal 6 November lalu.

“Kami selama ini tidak memyediakan ruang di halte maupun armada bus Transjakarta untuk tempat merokok,” ujar Mochammad Yana Aditya, Kamis (10/11).

Ia mengungkapkan, pengguna bus Transjakarta tertib mematuhi aturan tidak merokok di halte maupun dalam bus.

“Alhamdulilah, kami secara konsisten menerapkan aturan dan pengguna bus Transjakarta yang konsjsten menerapkan pola hidup sehat dengan tidak merokok di halte maupun dalam armada bus,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengungkapkan, Pemprov DKI Jakarta juga meraih dua penghargaan lainnya dari Menteri Kesehatan. Penghargaan pertama yakni Pastika Citta Abhinawa atas inovasi dalam penerapan kawasan tanpa rokok.

Inovasi dalam penerapan kawasan tanpa rokok yang telah ditetapkan di Provinsi DKI Jakarta di antaranya memiliki Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur kawasan dilarang merokok, larangan pemasangan reklame rokok di tempat terbuka, layanan poliklinik di puskesmas untuk berhenti merokok, sosialisasi dan pengawasan bersama lintas sektor serta pecontohan kampung tanpa rokok di Matraman, Jakarta Timur.

“Ke depan, kami akan mengembangkan terus komitmen bersama warga Jakarta, untuk membentuk kampung Tanpa Rokok,” ungkapnya.

Ia menambahkan, penghargaan lainnya yang diberikan atas inovasi Posbindu di Kecamatan Cipayung bersama kader dasawisma yang melakukan layanan jemput bola kepada warga

“Inovasi yang berhasil meraih penghargaan, tim Puskemas Cipayung bersama kader dasawisma secara aktif menggelar layanan pemeriksaan kesehatan kepada warga terhadap resiko penyakit tidak menular selama pandemi COVID-19,” tandasnya.

210