by

Kadis DKP Kab Bogor, Camat Jonggol, Kades Jonggol Peletakan Batu Pertama Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam usaha memperkuat Ketahanan Pangan Nasional dari krisis pangan global yang terjadi di tingkat Internasional, berbagai usaha dilakukan oleh Pemerintah Pusat guna menciptakan stok pangan nasional di level aman, termasuk dengan membangun Lumbung Pangan di setiap sentra-sentra pangan daerah di seluruh Indonesia.

Seperti pada hari Kamis, 11 Agustus 2022, bertempat di Kampung Babakan Alibah, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor dimana Kadis Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo SH, M.Si meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dari DAK Kementan.

Dalam kesempatan wawancara, Sigit menyatakan bahwa bantuan berasal dari Pemerintah Pusat, cara pengadaannya swakelola, pengelolanya Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Jonggol, nilai keseluruhan anggaran 1 Milyar lebih untuk bangunan dan mesin (bed dryer atau pengering gabah, rice milling unit atau mesin penggilingan).

Menurut Sigit, untuk Kabupaten Bogor ada 4 tiitik Lumbung yang dibangun atau 4 paket, 1 di Bogor Barat, 1 di Cariu, 1 di Tanjung Sari dan 1 di Jonggol. Dalam pelaksanaannya nanti ada pendampingan agar sesuai petunjuk pelaksanaan dan teknis. Untuk di Jonggol dengan dibangunnya LPM diharapkan kualitas beras di Jonggol menjadi lebih baik lagi, naik kualitasnya menjadi SNI dan penopang pangan daerah.

Sementara itu Kepala Desa Jonggol, H Yofi M Safri, SE menambahkan bahwa ditargetkan dalam tiga bulan, pekerjaan sudah harus diselesaikan. Dirinya mengucapkan terimakasih atas pihak-pihak yang sudah memberikan bantuan dari Kementerian Pertanian, Pemkab Bogor melalui Dinas DKP Kab Bogor, serta menyatakan bahwa bantuan ini adalah hadiah sekaligus kepercayaan dari pemerintah bagi para petani yang melakukan permintaan tahun lalu.

“Harus benar” ujar Yofi berpesan kepada pelaksana Gapoktan, untuk menjaga amanat dari Kementerian dan Kabupaten dalam pembangunan LPM Jonggol.

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Staff Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Camat Jonggol, Andri Rahman S.STP,.M.Si, Muspika Jonggol, UPT Pertanian Wilayah XI, Jajang SP, UPT DLH Wilayah II, Heri, dan masyarakat.

Joner