by

Pemprov DKI Gelar Lomba Fotografi ‘Colour Of Jakarta’ 2022

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menghadiri kegiatan Penganugerahan Penghargaan bagi Para Pemenang Lomba Fotografi ‘Color of Jakarta’ Tahun 2022, di Balairung, Balai Kota Jakarta pada Jumat (9/9).

Ajang Lomba Fotografi ‘Color of Jakarta’ dilaksanakan pada tahun ini setelah sempat hiatus selama dua tahun.

Wagub Ariza menyampaikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi dan selalu mendukung berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kota Jakarta. Dari karya-karya ajang lomba fotografi tersebut, tersirat beragam makna yang hendak disampaikan oleh masyarakat saat memotret atau mengabadikan Jakarta, melalui alat fotografi, sebagai sebuah kota dengan segala kompleksitasnya.

“Harapannya, potret tersebut mampu menggali jati diri Jakarta dari beragam aspek sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat dan kolaborasi dengan rekan-rekan dari komunitas fotografi dan content creator. Dalam kurun waktu dua tahun, kita melihat sudah banyak perubahan di Jakarta, terutama dengan makin banyaknya ruang untuk berinteraksi yang menjadikan kota ini tetap menjadi tujuan bagi banyak orang untuk datang dan mengabadikan cerita,” ucapnya, seperti dikutip dari Siaran Pers PPID Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ia pun menyatakan rasa bangga atas antusiasme dan minat masyarakat yang mengikuti lomba ini.

“Dapat kita lihat dari data, sebanyak total 1.659 karya fotografi diserahkan kepada panitia dalam periode singkat saja yaitu 2-19 Juni 2022. Jumlah ini dua kali lipat dari penyelenggaraan kita di tahun 2019. Dari jumlah karya tersebut, sebanyak 100 karya terbaik kemudian dipilih untuk berkompetisi dan menjadi pemenang dalam tiga kategori, yaitu Cityscape, Public Space, dan Photo Series,” jelas Wagub Ariza.

Kemudian, ia menerangkan mengenai kategori-kategori yang dilombakan dalam ‘Color of Jakarta’ yang mana dari tahun ke tahun mengikuti arah gerak kota ini, yaitu tidak hanya memotret keindahan kota, tetapi juga menceritakan konektivitas manusia dengan lingkungannya. Jakarta yang semakin humanis.

Wagub Ariza turut menyampaikan apresiasi kepada Dewan Juri yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam menilai dan mengurasi foto-foto berkualitas dari para peserta. Selain itu, apresiasi juga tentunya diberikan kepada para peserta yang telah mengirimkan hasil karya terbaik mereka dalam merekam jejak perubahan Kota Jakarta.

“Saya akan selalu mendukung penyelenggaraan kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam membangun Kota Jakarta pada berbagai bentuk media. Selamat kepada para pemenang dan finalis yang telah mengikuti Lomba Fotografi ‘Color of Jakarta’ Tahun 2022. Semoga karya-karya fotografi terbaik terus lahir dari kompetisi ini dan bisa disaksikan jejaknya hingga nanti,” tutupnya.

Adapun para pemenang Lomba Fotografi ‘Color of Jakarta’ Tahun 2022 sebagai berikut:

  1. Kategori Public Space
  • Juara 1: Edy Susanto. Judul foto: Swafoto di Skydeck Sarinah.
  • Juara 2: Muhammad Adimaja. Judul foto: Rindu Jakarta.
  • Juara 3: Agus Susanto. Judul foto: Menikmati Sore di Taman Ismail Marzuki.
  1. Kategori Cityscape
  • Juara 1: Vincent Nursalim. Judul foto: Tebet Eco Park Paru-paru Kota Jakarta.
  • Juara2: Betut Triarso. Judul foto: Cerahnya Jakartaku di Pagi Hari.
  • Juara 3: Handoko. Judul foto: Gedung Tinggi Jakarta Terlihat Indah Sore Itu.
  1. Kategori Photo Series
  • Juara 1: Ahmad Tri Hawaari. Judul foto: Membingkai Jakarta Sejak Kini di Kelas Jurnalis Cilik.
  • Juara 2: Pradita Utama. Judul foto: Menyambut Euforia Formula E.
  • Juara 3: Hendra Permana. Judul foto: Berbagi Sudut Lapangan Banteng.

210