by

Partai PSI Memenuhi Ambang Batas Keanggotaan Dalam Verifikasi Oleh KPU Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo telah merampungkan verifikasi faktual keanggotaan sembilan partai politik di Kabupaten Karo. Dari proses ini diketahui baru tiga partai politik saja yang telah memenuhi ambang batas keanggotaan yang mana proses verifikasi faktual keanggotaan calon peserta Pemilu 2024 tersebut dilakukan sejak 17 Oktober hingga 4 November 2022 lalu.

Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan ketika dikonfirmasi melalui pesan aplikasi pesan WA, Kamis (10/11. 2022) mengatakan dari sembilan partai di Kabupaten Karo yang diverifikasi faktual keanggotaan, ada tiga partai yang telah memenuhi ambang batas keanggotaan minimal 410 KTP/KTA dan minimal tersebar di 9 Kecamatan dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karo.

Ia merincikan ketiga Partai itu yang memenuhi ambang batas keanggotaan masing-masing PSI (Partai Solidaritas Indonesia), Partai Hanura dan Partai Gelora, sedangkan enam Partai lainnya, belum memenuhi ambang batas keanggotaan yang dipersyaratan. Masa perbaikan oleh Parpol tanggal 10 – 23 November 2022 di KPUD Karo. Dan perbaikan di KPU Pusat tanggal 24 Nopember-7 Desember 2022,” terang Gemar.

Diterangkan Gemar Tarigan kembali,” untuk pengumuman Partai Politik terkait pengumuman memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) Partai Politik yang ada di Kabupaten Karo untuk jumlah ambang batas keanggotaan akan diumumkan oleh KPU RI melalui situs resmi Sipol. Karena, pelaporan yang dilakukan KPU Kabupaten Karo sifatnya berjenjang.

Sebagimana diketahui KPUD Karo melakukan verifikasi faktual keanggotaan partai politik dengan cara door to door, dilakukan pada 17 Oktober 2022 hingga 1 November 2022. Jika saat door to door, sample yang akan diverifikasi tidak ditemui di alamat atau kediamannya, maka data sampel tersebut diserahkan ke Partai Politik. Lalu, akan diverifikasi dengan cara dihadirkan di sekretariat kantor partai politik mulai 2 hingga 4 November 2022,” jelasnya.

Ketua PSI Karo Istepanus Sembiring, SP saat di konfirmasi menyampaikan rasa bangga dan mengaminkan atas capaian Partai saat ini dalam tahapan verifikasi yang telah MS, “kita juga sudah dapat kabar dari DPP PSI karena semua infonya dari mereka, yang pasti kita lolos sampai saat ini karena tak lepas dari dukungan semua kader dan anggota yang solid. Tapi tak cukup hingga MS , perjuangan kita masih tetap berlanjut hingga tahap penyeleksian Calon penjaringan Legislatif nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris PSI Kabupaten Karo, Parulian Naibaho, SH mengucapkan terimakasih kepada seluruh Masyarakat ataupun simpatisan PSI yang telah berkenan membantu dalam masa masa verifikasi. Dan selanjutnya juga kita harapkan dukungan Masyarakat, serta kami himbau terutama para Pemuda mari bergabung dengan Partai PSI untuk berkarya dan membangun daerah kita,” ucapnya penuh semangat.

(David)