by

Dikumpulkan Setiap Bulan Di BSG 400 Kilogram Sampah

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam kurun waktu satu bulan, 400 kilogram sampah anorganik berhasil dikumpulkan di Bank Sampah Garuda (BSG) yang berlokasi di Kantor Sekretariat RW 02, Jalan Perahu, Kelurahan Guntur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Ketua BSG, Denny Pulungan mengatakan, bank sampah yang didirikan sejak 14 Februari 2021 lalu ini dikelola empat pengurus dan telah memiliki 45 nasabah.

“Setiap bulan BSG dapat kumpulkan 400 kilogram sampah anorganik. Bahkan terkadang bisa mencapai 600 kilogram,” ujarnya, Rabu (10/8).

Beny menuturkan, ratusan kilogram sampah anorganik yang dikumpulkan didominasi kertas, kardus, besi bekas, botol air mineral, botol kaca dan kabel. Jadwal penimbangan sampah di BSG dilakukan dua kali sebulan, tepatnya pada minggu pertama dan ketiga.

“Sampah yang sudah ditimbang selanjutnya dibawa menggunakan gerobak motor ke bank sampah induk,” terangnya.

Menurut Beny, selain mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPST Bantar Gebang, bank sampah ini juga terbukti mampu menambah penghasilan warga antara Rp 30-60 ribu per bulan.

“Di wilayah RW 02 ini juga ada budidaya maggot,” sambungnya.

Lurah Guntur, Leo Yudhantara Harahap mendukung penuh bank sampah yang ditekuni warga di wilayahnya. Pihaknya pun selalu siap sedia membantu warga dengan mengerahkan personel PPSU berikut gerobak motor saat pengumpulan serta penimbangan sampah.

“Inovasi dan kreativitas warga kami dukung sepenuhnya,” tandasnya.

Jmy