by

Digelar KPK Integrity Expo, Meriahkan Puncak Peringatan Hakordia 2022

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dalam puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2022, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar Integrity Expo pada 9-10 Desember 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 52 exhibitor yang terdiri dari berbagai macam instansi, pemerintah kota/kabupaten, kementerian/lembaga negara, perguruan tinggi, perusahaan BUMN dan sejumlah asosiasi.

Seusai membuka Puncak Peringatan Hakordia 2022, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengunjungi area booth di sekitar lokasi acara. Turut mendampingi Ketua KPK Firli Bahuri, bersama Wakil Presiden RI ke-10 Jusuf Kalla, Deputi INDA Hadiyana dan Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Wawan Wardhiana.

Saat di booth KPK, Firli menjelaskan sejumlah perangkat penindakan milik KPK. Salah satunya seperti dissembled handphone, Forensic Imager dan Tools First Responder.

“Dissembled handphone merupakan tampilan barang bukti elektronik jenis handphone yang telah dilakukan metode chip off untuk mengambil data yang ada ada di dalam chip memori. Serta Forensic Imager adalah sebuah alat untuk membuat image salinan forensik yang identik dengan data asli di dalam media penyimpanan yang mana salinan tersebut nantinya akan digunakan dalam proses eksaminasi,” jelas Firli, dalam keterangan tertulis, Jumat (9/12).

Selain itu, booth KPK juga memamerkan perlengkapan kampanye dan sosialisasi antikorupsi. Seperti boardgame Keranjang Bolong, PDKT (Pilihan Diri, Komitmen & Tanggung Jawab Kita, dan Terajana) Petualangan Memecahkan Sandi Kuno. Banyak merchandise menarik yang bisa didapat seperti Topi Jaga, Gantungan kunci, hand sanitizer dan masih banyak lagi.

Sejumlah booth pameran yang tampil pada Integrity Expo antara lain; Strategi Nasional Pencegahan KPK (Stranas PK), Penyuluh Anti Korupsi (PAKSI), Kejaksaan Agung, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan, Kementerian Pertanian, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan masih banyak lagi.

Diketahui, pada puncak peringatan Hari Antikorupsi se-Dunia Tahun 2022, KPK menyelenggarakan berbagai kegiatan pada 9-10 Desember 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta. Dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, peringatan kali ini mengusung tema “Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi” yang sejalan dengan tema G-20 “Recover Together, Recover Stronger” dan tema Kemerdekaan RI ke-77 “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Wapres Ma’ruf mengapresiasi kepemimpinan Indonesia yang diwakili oleh KPK dalam forum G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG). Menurutnya, forum tersebut menjadi bentuk komitmen negara-negara anggota G20 untuk mempromosikan nilai-nilai antikorupsi ke dalam instrumen nasional maupun internasional, melalui rekomendasi yang komprehensif untuk berkontribusi secara nyata terhadap pemberantasan korupsi.

“Kita semua meyakini bahwa korupsi adalah fenomena transnasional yang memiliki daya rusak yang luar biasa. Korupsi dapat menurunkan kualitas hidup, merusak proses demokrasi, serta meruntuhkan hukum. Korupsi menjadi penyebab utama rusaknya perekonomian suatu bangsa dan menjadi penghambat pengentasan kemiskinan dan pembangunan,” ujar Wapres Ma’ruf.

Rangkaian Kegiatan Hakordia 2022 telah dimulai beberapa bulan sebelum hari ini, dengan rangkaian berupa Road Show Bus KPK “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” di 9 kota, Anti-Gratifikasi Forum, Temu Aksi Penyuluh Antikorupsi & Ahli Pembangun Integritas, Festival Integritas Kampus, Festival Integritas Sekolah, Integrity Fair di 5 Wilayah, Talkshow Digital Banking & Apresiasi Penyedia Jasa Keuangan, Penyampaian Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022 serta Pengumuman Kompetisi Rencana Aksi SPI.

Hari ini sebagai acara puncak, akan ada pemberian penghargaan-penghargaan pada upaya masyarakat di berbagai sektor dalam penegakan integritas, peluncuran program-program antikorupsi dan juga Integrity Expo oleh para pemangku kepentingan. Dilanjutkan dengan side event berupa aneka Workshop Antikorupsi, Lelang Barang Gratifikasi, Seleksi Penyuluh Cilik, Cerdas Cermat, Screening dan Diskusi Film Antikorupsi, Pentas Musik, Seni, dan Budaya serta Zona Anak.

210