by

BPBD DKI Jakarta Gelar Trauma Healing di Pesing Koneng

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta menggelar trauma healing untuk anak-anak penyintas kebakaran di Pesing Koneng, RT 14/02, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (8/4).

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD DKI Jakarta, Ridwan Ibrahim mengatakan, untuk kegiatan-kegiatan layanan psikososial atau trauma healing pada anak-anak penyintas kebakaran di wilayah tersebut, pihaknya mengerahkan Unit Mobil Layanan Dukungan Psikososial BPBD Provinsi DKI Jakarta. Tujuan dari kegiatan trauma healing untuk memulihkan psikologis anak-anak akibat peristiwa kebakaran.

“Saat darurat bencana tidak cukup hanya dengan memberikan bantuan. Tapi pasca-bencana juga perlu pada anak-anak atau penyintas kebakaran lainnya adanya sentuhan psikologis karena ada yang merasa kehilangan, ketakutan, kecemasan hingga perlu terapi bagaimana mereka menghadapi semuanya,” ujarnya.

Untuk kegiatan kegiatan trauma healing bekerja sama dengan PMI dan Sudin Sosial Jakarta Barat. Dari mulai terapi bernyanyi, berjoget, mewarnai gambar yang selanjutnya bagi anak-anak yang berani tampil ke depan diberikan hadiah boneka dan lainnya.

“Dengan kegiatan trauma healing ini diharapkan sedikit demi sedikit dapat melupakan kejadian-kejadian yang mereka alami dan mengurangi stres pada psikologis anak-anak. Kemudian juga ada konseling pada orang dewasa yang memerlukan karena trauma berat dampak dari bencana,” katanya.

Syifa (11), penyintas kebakaran di Jalan Pesing Koneng mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Sebab, selain dapat berkumpul dengan teman-teman juga dapat melupakan musibah kebakaran yang dialami.

“Saya senang karena jadi terhibur dan juga banyak kegiatan yang membuat saya lupa dengan kejadian kebakaran. Dan saya ucapkan terima kasih pada BPBD DKI Jakarta,” tandasnya.

210