by

Stunting Alami Penurunan Di Ronggur Nihuta Samosir, dr Subarta : Stunting Tidak Ada Hubungannya Dengan Gizi Buruk

Berita Samosir, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Angka stunting di Desa Ronggurnihuta Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir mengalami Penurunan. Penurunan yang terjadi setiap bulannya, hingga mencapai 15,46 ℅ per Juli 2022.

“Data stunting Desa Ronggur Nihuta setiap bulan nya mengalami penurunan. Bahkan di bulan Juli, penurunan Stunting mencapai 15,46 ℅ “, ungkap dr. Subarta, Kapus Ronggur Nihuta, saat dkonfirmasii Olnewsindonesia. Com, Selasa (9/8/2022).

Adapun data Stunting di Kecamatan Ronggur Nihuta, yang dikutip Olnewsindonesia. Com dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir tahun 2022 di Desa Ronggur Nihuta yakni :

Pada Bulan Mei Stunting 27 orang dengan jumlah balita yang ditimbang 108 orang (penururunan 25,00 ℅).

Bulan Juni Stunting 23 orang dengan jumlah balita 105 orang (penururunan 21,90℅).

Dan di Bulan Juli Stunting 15 orang dengan jumlah balita yang ditimbang 97 orang (penururunan 15,46 ℅).

Lebih lanjut dr. Subarta menjelaskan, Stunting tidak ada hubungan nya dengan Gizi buruk.

“Stunting diukur dari Perbandingan Tinggi/Panjang badan dengan Umur balita ( BB/U) dan disandingkan dengan Tabel Antropometri standar WHO, sedangkan GIZI BURUK diukur dari perbandingan Panjang/tinggi badan dengan Berat Badan ( PB,TB / BB)”, jelasnya.

Terpisah, plt. Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, dr. Dina membenarkan bahwa stunting di Ronggur Nihuta mengalami penurunan.

” Stunting di Ronggur Nihuta alami penurunan. Dan kalau dikatakan mengalami peningkatan? itu tidak benar”, tegas dr. Dina dari seberang seluler nya. Senin (8/82022).

(JuntakStar)