Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Reses Ketiga, Digelar DPRD DKI

BERITA, JAKARTA23 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menggelar rapat paripurna penyampaian laporan hasil reses ketiga pimpinan dan anggota legislatif tahun anggaran 2022, Selasa (8/11).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi bersama tiga wakil ketua serta dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Marullah Matali.

Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi mengatakan, sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Musyawarah (Bamus) pada 27 September 2022, dewan telah melaksanakan kegiatan reses ketiga tahun anggaran 2022 pada tanggal 3 hingga 7 Oktober dan 24 hingga 26 Oktober.

“Berdasarkan PP Nomor 12 tahun 2018, pedoman penyusunan tatib DPRD, pelaksanaan reses wajib dilaporkan kepada pimpinan DPRD yang membuat tanggapan dan aspirasi masyarakat,” ujar Prasetio Edi Marsudi, Selasa (8/11).

Ia mengungkapkan, laporan hasil reses ketiga pimpinan dan anggota DPRD disampaikan kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta untuk ditindaklanjuti dalam Musrenbang DKI Jakarta.

“Hasil reses ini sebagai salah satu masukan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah,” ungkapnya.

Sementara anggota DPRD DKI Jakarta, Jamaludin mengatakan, reses merupakan bagian mekanisme penyaluran aspirasi masyarakat yang dilanjutkan kepada eksekutif.

Untuk itu, diharapkan aspirasi yang diserap melalui kegiatan reses dapat diakomodir sehingga hasilnya tidak sekadar menjadi kegiatan seremonial.

“Komisi DPRD DKI Jakarta akan memantau tindak lanjut hasil reses ketiga pimpinan dan anggota tahun anggaran 2022 sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” katanya.

Jamaludin juga membacakan laporan hasil reses yang merupakan kompilasi dari beberapa kegiatan pimpinan dsn anggota DPRD berjumlah ratusan aspirasi yang terbagi menjadi beberapa bidang di antaranya bidang pemerintahan, pertanahan dan ketertiban umum; ekonomi serta kesejahteraan rakyat dan pendidikan.

Jmy