by

Kapolda Sumut Tinjau Peternakan, Pastikan Hewan Kurban Tak Terjangkit PMK

Berita Medan, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kepala Kepolisian Daerah Sumut, Irjen. Pol. Drs. Ridwan Zulkarnain Panca Putra Simanjuntak, M.Si., melakukan sidak ke peternakan hewan yang diperuntukkan bagi kurban di Gang Keluarga, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (8/7/22) dan dirilis situs Humas Polri Tribrata Sabtu (9/7/22) . Dia hendak memastikan hewan yang dijual menjelang Idul Adha tidak terkena wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Saat melihat kondisi hewan ternak, beliau memastikan hewan di tempat itu sehat. “Kedatangan saya ke peternakan ini untuk mengecek, memastikan hewan kurban sehat dan tidak tertular wabah PMK,” ujar Kapolda Sumut.

Beliau mengatakan, tim gugus tugas PMK di Sumatera Utara kini tengah berupaya melakukan langkah pencegahan penyebaran wabah PMK.
“Dalam pelaksanaan Idul Adha 1443 H di Kabupaten/Kota hewan ternak kondisinya sehat. Makanya tim masih terus berada di lapangan termasuk dari provinsi yang dilakukan,” ungkap Jenderal Bintang Dua itu.

Di sisi lain, proses vaksinasi PMK terhadap hewan ternak juga dinilainya berjalan baik. Karena itu dia meminta masyarakat, tidak resah terhadap wabah PMK dalam Idul Adha tahun ini.

“Masyarakat jangan khawatir. Hewan kurban yang diperjualbelikan saya pastikan dalam kondisi sehat,” ujar Mantan Kapolda Sulut.

Beliau menegaskan, walaupun angka hewan yang terkena wabah PMK terus naik, tingkat kesembuhannya pun tercatat signifikan. Namun dia tak membeberkan datanya.

“Meskipun terjadi peningkatan penularan wabah PMK terhadap hewan ternak tetapi kesembuhan terhadap hewan terjangkit PMK juga cukup tinggi. Hal itu karena petugas telah menjalankan prosedur SOP seperti isolasi, serta vaksinasi,” ujar Kapolda Sumut.

Sementara itu, dokter hewan dari Dinas Peternakan Pemprov Sumatera Utara, Tesra Ananta, mengatakan sejauh ini sudah sebanyak 1.600 hewan ternak di 7 kabupaten/kota mendapatkan vaksin PMK dalam program vaksinasi tahap pertama.

Beliau menyebut, akan ada 10.000 dosis vaksin tambahan yang diterima Pemprov Sumatera Utara untuk segera didistribusikan. “Ini nanti yang akan kita alokasikan lagi ke kabupaten kota lainnya,” ujar Tesra.

210