Diperluas Waduk Tiu Setu Cipayung

BERITA, JAKARTA18 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Waduk Tiu di Jalan Bendungan Tiu, Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, diperluas dari 3 hektare menjadi 3,2 hektare. Penambahan luas areal dilakukan dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setko Jakarta Timur, Kusmanto mengatakan, perluasan penampang basah di Waduk Tiu dilakuan untuk mempermudah proses pengerukan ke dalam.

Menurut Kusmanto, proses pengerukan sempat mengalami kendala karena sudah sampai pada bagian batu cadas di dasar waduk. Agar waduk dapat menampung lebih banyak debit air, maka solusinya dilakukan perluasan dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar area waduk.

“Kebetulan di samping Waduk Tiu ini ada lahan kosong sekitar 2.000 meter persegi. Ini dimanfaatkan untuk penambahan area penampang basah agar waduk lebih luas dan mampu menampung debit,” kata Kusmanto, Selasa (9/8).

Dia mengungkapkan, saat ini progres pengerukan waduk sudah mencapai 45 persen. Ditargetkan pekerjaan ini selesai pada Desember nanti

Disebutkan Kusmanto, kendala utama di lapangan saat ini adalah soal alat berat untuk pengerukan. Dari empat unit alat berat yang ada, saat ini hanya tiga yang bisa digunakan, sebab satu unit lainnya rusak dan sedang dalam perbaikan.

“Pengerukan terus dikebut, agar selesai tepat waktu, Desember nanti,” tandasnya.

JMY