by

Selesai Akhir Januari, Pengurasan Saluran Phb Kampung Bali

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pengurasan saluran penghubung sepanjang 150 meter di Jalan Kampung Bali 32 Kelurahan Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, ditargetkan kelar akhir bulan ini.

Kasatpel SDA Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari mengatakan, pengurasan dilakukan enam personel satgas secara manual sejak 4 Januari lalu. Saat ini saluran yang dikuras sudah mencapai 15 meter.

“Target pengerjaan selesai 20 hari ke depan,” kata Eli, Sabtu (7/1).

Menurut Eli, saluran yang memiliki lebar serta tinggi 80 sentimeter ini dikuras karena sedimentasi lumpurnya sudah mencapai 20 sentimeter. Akibatnya, daya tampung salurab berkurang dan dikhawatirkan air meluap ke pemukiman warga saat hujan lebat.

“Pengurasan untuk meningkatkan kapasitas saluran, sebagai upaya antisipasi genangan di lokasi sekitar,” tuturnya.

Kerja Pasukan Biru Kecamatan Tanah Abang membersihkan saluran dengan alat sederhana seperti cantrang, cangkul, karung, linggis, dan ember. Mendapat respon positif dari warga sekitar. Salah satunya, Tirta Swir (52) warga RT 02/09 Kampung Bali.

Dia mengaku, merasa senang dan tidak khawatir akan terimbas genangan saat hujan lebat, karena saluran yang berada di depan rumahnya itu sedang dikuras petugas SDA.

“Rumah saya ini dekat dengan saluran penghubunga, jadi kalau hujan lebat suka takut airnya meluber ke jalanan. Alhamdulillah, sekarang tenang karena saluran sudah dikuras,” ungkap Tirta.

210