by

RW 02 Cipinang Melayu Bangun Poskamling Hasil Swadaya Masyarakat

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Warga RW 02 Kelurahan Cipinang Melayu (Cipmel), Makasar, Jakarta Timur, membangun pos keamanan lingkungan (Poskamling) yang dinamai dengan Pos Cipta Kondisi di Jalan Laksamana Malahayati. Pos berukuran sekitar 7×3 meter persegi ini dibangun hasil swadaya masyarakat.

Ketua RW 02 Cipinang Melayu, Jamal Uji menuturkan, pembangunan Pos Cipta Kondisi ini menempati lahan milik PT KKDM, kontraktor Jalan Tol Becakayu. Lokasi pos ini sangat strategis untuk melakukan pengamanan lingkungan.

“Pos ini dibangun untuk memonitor wilayah, menjaga Kamtibmas dan mencegah terjadinya aksi tawuran,” papar Jamal, Selasa (7/2)

Dia mengungkapkan, meski pembangunan pos ini belum tuntas 100 persen, namun namun pos ini sudah bisa digunakan untuk ronda warga setiap malam harinya.

“Setiap hari ada 10 warga yang berjaga. Namun jika malam Minggu dan hari libur jumlahnya bisa sampai 20 orang,” ungkapnya.

Disebutkan Jamal, sejak beroperasinya pos kamling ini sekarang sudah tak ada lagi kelompok remaja bermotor yang nongkrong bergerombol di wilayah sekitar, saat malam hari.

210