by

Tomohon Memang Hebat, Sukses Menyelenggarakan TIFF 2022

Berita Tomohon, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Perhelatan Akbar kembali dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) setelah beberapa tahun tidak ada akibat covid-19 menjadi wabah global. Kini tahun 2022 secara khusus kota Tomohon tepat di hari senin tanggal 8 Agustus 2022 kembali menyelenggarakan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2022.

Suasana kota Tomohon yang sudah mempersiapkan sebaik-baiknya tampak rapih dengan hiasan umbul-umbul, penataan berbagai bunga di pinggir jalan utama maupun pemukiman, membuat makin bertambah indah kota Tomohon yang dijuluki juga kota bunga serta dikenal juga sebagai kota pelajar dan kota religius.

TIFF 2022 dengan mengambil tema “Tomohon Greets The World” diselenggarakan di pusat kota Tomohon dimulai pada pukul 10.00 WITA. Dihadiri walikota Tomohon Carol Senduk SH dan wakil walikota Tomohon Wenny Lumentut SE sekaligus sebagai tuan rumah, tampak menyambut para tamu undangan sebelum acara dimulai.

Para tamu antara lain Menteri Parekraf diwakili oleh staf ahli menteri bidang managemen krisis bapak Fadjar Hutomo, Gubernur Provinsi Sulut dan Wakil Gubernur Provinsi Sulut. Kemudian Walikota, Wakil Walikota, Bupati di wilayah Provinsi Sulut, Kapolda Sulut, Pangdam XIII Merdeka dan para pimpinan Forkopimda Sulut.

Hadir juga beberapa perwakilan kedutaan dari negara-negara sahabat yaitu Bosnia Herzegovina, Jepang dan Filipina. Terlihat juga Adriana Dondokambey anggota DPR RI dapil Sulut, Maya Rumantir anggota DPD RI dapil Sulut, istri menteri Parekraf ibu Sandiaga Uno dan istri menteri Dalam Negeri ibu Tito Karnavian.

Diawali dengan doa oleh ketua sinode GMIM Pdt. Hein Arina, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan berturut-turut oleh Walikota Tomohon, kemudian staf ahli menteri Parekraf dan terakhir oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

Juga ada sambutan virtual/video oleh Walikota Pasadena California USA dan Menteri Parekraf bapak Sandiaga Uno. Disela sambutan diserahkan Sertifikat Gereja Tua Sion sebagai Situs Cagar Budaya peringkat Nasional oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Lokasi Gereja Sion berada disebelah Menara Alfa Omega yang saat itu langsung dapat dilihat oleh tamu dari tempat duduk mereka.

Masyarakat dan para undangan terlihat semakin antusias ketika kendaraan hias mulai melintas.
Terutama didepan panggung utama meriah sekali ketika parade dimulai dengan tarian kreatif secara kolosal sebanyak 300 anak-anak perempuan yang semuanya adalah pelajar SD di Tomohon.
Juga tampil pelajar SMP dan SMA dengan kelompok marching band dari beberapa sekolah di Tomohon.

Sepanjang pinggir jalan utama kota Tomohon khususnya yang dilintasi kendaraan hias dipenuhi oleh ribuan masyarakat tidak hanya dari tomohon, minahasa, manado, namun juga wisatawan domestik dan manca negara.

Kendaraan hias yang menggunakan aneka macam bunga yang semuanya dihasilkan oleh petani bunga dari Tomohon tentu memberikan efek multiplier bagi perekonomian serta kreativitas pelaku seni di Tomohon dan Provinsi Sulut, sehingga itulah yang diharapkan seperti yang disampaikan dalam masing-masing sambutan.

Kendaraan bunga hias yang pertama melintas didepan panggung adalah dari Kota Tomohon, kemudian berturut-turut dari Kemenparekraf. Pasadena, Singapura, Amsterdam, Korea Selatan, Japan, Bank Sulutgo, BCA, Bank Indonesia, Kepulauan Sangihe, Minahasa, Bitung, Manado, Dentons HPRP, Pertamina, Manado Post, Ichitan, Pupuk Kaltim, BPS dan PLN.

Ikut serta juga dalam pawai yaitu komunitas mobil tua dan komunitas bendi. Dan tidak ketinggalan juga yang merupakan bagian dari TIFF tampil mereka yang memperagakan busana kreatif untuk usia pelajar SD, SMP & SMA dimana merekapun dinilai oleh juri TIFF untuk mendapatkan hadiah, sama halnya halnya dengan kendaraan hias.

TIFF yang pertama kali dilaksanakan tahun 2008 dan pernah menjadi top 10 even nasional pada tahun 2020, kini telah menjadi agenda tetap tahunan dan diharapkan pasca pandemi covid dapat segera membangkitkan kembali pariwisata Tomohon dan Sulut pada umumnya.

Arnold WK