by

Teknologi Cat Putih Yang Bisa Pantulkan 98 % Sinar Matahari, Kini Tidak Perlu Dioles Tebal

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi energi di musim panas adalah dengan mengecat jalan dan gedung dengan warna putih. Di California, jalan dicat putih untuk mengurangi masalah panas ekstrem yang menyebabkan tar meleleh. Universitas Purdue telah menghasilkan cat putih yang dapat memantulkan 98,1% cahaya tahun lalu.

Masalah dengan cat yang dihasilkan adalah dibutuhkan ketebalan 400 mikron yaitu sekitar 6 kali ketebalan rambut manusia untuk melakukan pemantulan cahaya yang efektif. Oleh karena itu, hanya cocok digunakan di gedung-gedung untuk mengurangi pemanasan sekaligus mencegah penggunaan AC.

Jadi tim yang sama dari Purdue telah kembali ke lab dan hasilnya cat sekarang hanya perlu memiliki ketebalan 150 mikron untuk memantulkan 97,9% cahaya. Ini dilakukan dengan mencampur bahan boron nitrida. Ini secara bersamaan mengurangi berat lapisan cat hingga 80%.

Cat sekarang dapat digunakan pada pesawat terbang, dan kendaraan yang menambah bobot dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar. Pesawat sekarang tidak akan mengalami masalah panas di kabin saat berada di terminal dan para peneliti juga melihat penemuan mereka digunakan dalam industri kedirgantaraan.

210

Source : University Of Purdue