by

Pemprov DKI Dirikan Ruang Interaksi Dan Kreasi UMKM Di Taman Dukuh Atas

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Experience Board (JxB), BUMD DKI Jakarta melakukan kegiatan ‘Groundbreaking Ceremony’ Karya Kreasi Orang Jakarta (KKOTA) Street Kiosk di Spot Budaya Taman Dukuh Atas, Jakarta Pusat, pada Rabu sore (5/10).

Pembangunan KKOTA Street Kiosk merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta dalam menyediakan ruang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sisi jalan utama pusat Kota Jakarta.

Selain itu, KKOTA Street Kiosk juga memberikan ruang bagi masyarakat Jakarta untuk saling berinteraksi dan berkreasi melalui space outdoor yang tersedia nantinya.

Hadirnya KKOTA juga menjadi upaya untuk mendorong pengembangan pariwisata dengan menghadirkan informasi bagi wisatawan dalam menjelajah kota, serta dapat memperkenalkan pusat oleh-oleh dan produk kreatif khas Jakarta kepada masyarakat sebagai fasilitas yang dihadirkan Pemprov DKI Jakarta.

“Mewakili Gubernur DKI Jakarta, saya ingin memberikan apresiasi kepada Jakarta Experience Board, para pelaku UMKM dan usaha ekonomi kreatif serta jajaran Pemprov DKI Jakarta yang mendukung upaya pengembangan ekosistem kewirausahaan dan industri ekonomi kreatif sekaligus sebagai percepatan pemulihan perekonomian Jakarta,” ungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria saat memberikan sambutan seperti dikutip dari Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Melalui KKOTA Street Kiosk, Wagub Ariza mengajak para pelaku UMKM dan pelaku usaha ekonomi kreatif untuk bangkit menghasilkan karya dan kreasi khas Jakarta, memasarkan produknya dan mendorong masyarakat untuk menggunakan produk-produk dalam negeri.

“Kami ingin para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara membawa kenangan khas Jakarta hingga ke tempat asalnya sebagai memorabilia selama menikmati kunjungannya di Kota Jakarta,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Wagub Ariza menegaskan, Pemprov DKI Jakarta terus mendukung Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) melalui belanja pemerintah. Upaya ini selaras dengan program pemerintah, yaitu Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah dicanangkan oleh Presiden.

Untuk memastikan keberlanjutan program P3DN, diperlukan dukungan dari seluruh entitas untuk memprioritaskan produk lokal dan mengenalkan komoditas lokal kepada dunia.

“Dengan adanya KKOTA Street Kiosk, diharapkan upaya mendekatkan produk kreatif khas Jakarta ke tengah masyarakat serta wisatawan lebih mudah dan terjangkau. Saya berharap pembangunan KKOTA Street Kiosk dapat selesai hingga akhir tahun dan penyesuaian yang dilakukan tidak akan merusak taman eksisting di Spot Budaya Dukuh Atas,” tutupnya.

Jmy