Sinergi Pemprov DKI Dan IAI, Rancang Konsep Jakarta Lestari

BERITA, JAKARTA4 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Andriansyah, mewakili Penjabat (Pj) Gubernur, Rabu (4/1), menerima audiensi pengurus Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) di Ruang Tamu Utama, Gedung Balai Kota.

Menurut Afan, audiensi ini dalam rangka sinergisitas untuk merencanakan konsep Jakarta Lestari dan IAI berencana membantu Pemprov DKI untuk mewujudkan konsep ini.

“Ikatan Arsitek Indonesia Jakarta memiliki konsep terkait Jakarta Lestari. Saat ini di Jakarta sedang berjalan pembangunan sustainability yang kedepannya mengarah kota hunian lestari,” ucapnya.

Afan berharap, kerjasama ini dapat memberikan simulasi Jakarta lebih baik. Menurutnya, bantuan konsep perencanaan tata ruang kota tidak hanya dari IAI, namun ada beberapa arsitek lainnya seperti dari National University of Singapore.

“Ini program reguler, yang sudah ada rangkaiannya. Kami juga sudah lakukan diskusi dengan National University of Singapore. Mereka juga membantu dalam beberapa konsep terkait taman, perkampungan dan lainnya,” jelas Afan.

Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DKI Jakarta, Doti Windajani menambahkan, pihaknya mendukung Pemprov DKI untuk mewujudkan kota yang sustainability, dengan tujuan memberikan kenyamanan untuk masyarakat dan keindahan kota.

“Kami sebagai arsitek akan memberikan simulasi agar tata kota Jakarta ke depannya lebih baik. Kami siap mendukung dengan tujuan yang sama,” ungkapnya.

Dia menambahkan, agar perencanaan konsep ini bisa berjalan perlu melibatkan seluruh pemangku kepentingan baik dari pemerintah, organisasi dan masyarakat.

“Kita inginkan tata ruang sustainability yang lebih hijau. Saat ini Jakarta juga sudah memiliki konsep tranportasi yang terintegrasi. Sehingga kami ingin Jakarta menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali,” tutupnya.

210