by

Proses Revitalisasi Jembatan Cibubur Ditinjau Walikota Jakarta Timur

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar, meninjau proses revitalisasi Jembatan Cibubur di Jaln Raya Lapangan Tembak, Cibubur, Ciracas, Selasa (4/10).

Bersama beberapa pejabat Pemkot Jaktim, Anwar mengamati proses pembangunan jembatan yang menghubungkan wilayah Cibubur (Kecamatan Ciracas) dengan Pekayon (Kecamatan Pasar Rebo) tersebut.

Menurut Anwar, jembatan yang membentang di atas Kali Cipinang ini diperbaiki karena kondisi eksisting terlalu rendah. Sehingga ketika hujan deras dan ada banjir kiriman, sampah banyak tersumbat di badan jembatan. Akibatnya air meluber ke pemukiman warga dan ke jalanan. Bahkan, badan jembatan pun sampai terendam air, hingga tak bisa dilintasi kendaraan.

“Jembatan ini direvitalisasi dan ditinggikan satu meter dari kondisi eksisting,” kata Anwar.

Diharapkan, dengan ditinggikan jembatan ini pemukiman warga maupun badan jalan di lokasi sekitar tidak lagi tergenang. Kemudian jembatan juga bisa dilintasi saat debit air tinggi.

Kasi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Budi Cahyo Wardoyo menjelaskan, jembatan yang memiliki panjang 14 meter ini dibuat dengan model baru.

Pada bagian sisi kiri dan kanan akan dipasang pengaman setinggi tiga meter membentuk setengah lingkaran. Lebar jembatan juga dtambah dari 6,7 meter menjadi 10,9 meter. Kemudian, di bagian sisi kiri kanannya juga dibangun trotoar masing-masing lebarnya 80 – 100 sentimeter agar warga aman melintas.

“Revitalisasi jembatan ini ditargetkan rampung pada akhir November mendatang,” tandasnya.

210