by

3.440 Jakpreneur Jakpus Akan Dapatkan Pelatihan Wirausaha

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Jakarta Pusat akan memberikan pelatihan dan pendampingan wirausaha bagi 3.440 Jakpreneur sepanjang tahun ini.

Kepala Suku Dinas PPKUKM Jakarta Pusat, Melinda Sagala mengatakan, pihaknya akan mulai melakukan pelatihan kewirausahaan pada Mei 2023 mendatang.

“Pelatihan wirausaha yang diberikan mulai dari kuliner, kerajinan tangan dan fesyen,” ujarnya, Jumat (3/2).

Ia menjelaskan, pelatihan wirausaha nantinya dibagi dua kategori. Pertama, kategori soft skill yang akan digelar delapan kali dengan total peserta 480 orang dan anggaran Rp 31.200.000.

Kedua, kategori hard skill dengan anggaran Rp 12,6 miliar yang terdiri dari wirausaha industri baru berupa pelatihan kuliner sebanyak 44 kegiatan dengan jumlah peserta 1.760 orang.

Kemudian pelatihan fesyen dan kerajinan tangan masing-masing delapan kegiatan dengan jumlah 320 peserta. Selanjutnya wirausaha naik kelas berupa pelatihan kuliner sebanyak delapan kegiatan dengan jumlah peserta 320 orang.

“Lalu fesyen dan kerajinan masing-masing tiga kegiatan dengan jumlah peserta l 120 orang,” sambung Melinda.

Ia menuturkan, pihaknya juga melakukan pendampingan perizinan kepada seluruh Jakpreneur dengan kuota halal 600 peserta, izin edar BPOM 20 peserta, desain kemasan dan merek masing-masing 960 peserta.

“Kami juga memberikan bantuan alat pendukung usaha seperti mesin jahit dan perlengkapan memasak kepada peserta usai mengikuti pelatihan,” tuturnya.

Melinda menambahkan, pihaknya juga akan menggelar bazar dengan melibatkan para peserta pelatihan wirausaha agar bisa mempromosikan produk mereka kepada konsumen.

“Kami juga memberikan pendampingan pembuatan kemasan, merek hingga mengajukan bantuan modal usaha ke perbankan,” tandasnya.

210