by

Digelar Di Pulau Pari Bimtek Tentang Bank Sampah

Berita Kepulauan Seribu, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Bank Sampah di Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan.

Kepala Sudin LH Kepulauan Seribu, Sujanto Budiroso mengatakan, kegiatan Bimtek diikuti 50 peserta yang merupakan pengurus bank sampah, unsur kelurahan, sekolah, Badan Pengelola Sampah Lingkup RW, kader TP-PKK, petugas PPSU dan Babinsa.
“Bimtek bertujuan mendukung bank sampah di Kepulauan Seribu dapat berperan aktif mengelola sampah melalui sirkuler ekonomi dan mendapatkan manfaat ekonomi dari unit usaha bank sampah,” ujar Sujanto Budiroso, Senin (3/10).

Menurutnya, pada kegiatan ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari Bank Sampah Bhakti Semesta yang menjelaskan potensi bank sampah dan sirkuler ekonomi. Kemudian mengajarkan cara membuat lilin hias dari sisa lilin parafin dan limbah minyak jelantah sehingga dapat mengubah sampah limbah menjadi barang yang bernilai jual dan berpotensi menjadi suvenir.

“Kegiatan ini rutin dilaksanakan bergilir ke berbagai pulau dengan harapan agar bank sampah di Kepulauan Seribu terus aktif sehingga membangun kepedulian warga terhadap pengelolaan sampah dari sumber,” tandasnya.

Jmy