Program Jakarta Beraksi Diluncurkan Di Kampung Bali

BERITA, JAKARTA2 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat meluncurkan program.Jakarta Bergerak Atasi Stunting (Beraksi) di RPTRA Hati Suci Jalan Hati Suci, RT 01/07, Kampung Bali, Tanah Abang.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, program Jakarta Beraksi perlu didorong. Mengingat, Presiden RI, Joko Widodo telah membuat peta program untuk bidang kesehatan, dalam hal ini kasus stunting.

“Kemiskinan juga telah dipetakan. Sebab stunting dan kemiskinan harus dituntaskan,” ujarnya, Senin (2/10).

Menurut Widyastuti, kasus stunting tidak bisa selesai ditangani pemerintah saja. Namun perlu ada sinergisitas antara semua pihak karena stunting bukan hanya masalah kesehatan.

Penanganan stunting di Jakarta telah dilakukan dengan mengintervensi kesehatan balita mulai dari posyandu dan PAUD melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

“Tahun ini harus mengajak puskesmas untuk memantau kesehatan dan PMT balita,” tuturnya.

Ia melanjutkan, Dinas Pendidikan (Disdik), para wali kota maupun bupati telah didorong agar menjadikan Day Care dan PAUD bisa menjadi posyandu bayangan.

“Saya titipkan PAUD atau Day Care bisa terintegrasi dengan Posyandu,” ucapnya.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma menjelaskan, program Jakarta Beraksi di Kampung Bali terselenggara berkat dukungan dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang menjadi orang tua asuh bagi 22 balita stunting selama 90 hari.

“Tahapannya akan dilakukan monitoring intervensi terhadap perkembangan balita stunting setiap dua pekan sekali,” terangnya.

Dhany memastikan, makanan yang diolah dan diantarkan ke balita stunting tepat sasaran dan memiliki kandungan gizi serta vitamin di bawah pengawasan dokter gizi puskesmas kelurahan.

“Harapan saya sinergisitas ini bisa terus berkelanjutan,” imbuhnya.

Direktur Utama PT Jakpro, Iwan Takwin mengaku senang bisa terlibat dalam program ini. Pihaknya ingin terus berperan aktif dalam penanganan stunting, baik melalui program jangka pendek maupun jangka panjang.

“Kami siap mendukung program-program berikutnya,” tandasnya.

210