by

Gelar Nobar Wayang Kulit, Kapolri: Mari Lestarikan Budaya Indonesia

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Polri menggelar pagelaran wayang kulit dalam rangka HUT Bhayangkara yang ke-76 Tahun 2022.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan penyelenggaraan itu merupakan bagian dari upaya melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

Sigit pun mendorong agar semua elemen bangsa bersama Polri menjaga dan melestarikan seluruh kebudayaan yang ada di Bumi Pertiwi ini.

“Kita selenggarakan sebagai bagian dari upaya dari insitusi Polri untuk terus mendorong kebudayaan, khususnya wayang kulit,” ujar Sigit di Jakarta, Sabtu (2/7/2022) dan dirilis melalui situs resmi Humas Polri Minggu (3/7/2022)

Menurut Sigit, banyak makna dan nasihat yang disampaikan dalam pagelaran wayang kulit. Semisal dalam pegelaran pagelaran wayang kulit yang sama-sama ditonton Polri dan masyarakat ini mengambil tema ‘Semar Bangun Kayangan”.

Sigit menjelaskan, tema itu dipilih karena saat ini berbagai negara khususnya Indonesia sedang menghadapi situasi global yang tidak menentu. Padahal dunia saat ini sedang berusaha bangkit dari efek buruk pandemi Covid-19.

Kondisi global yang dihadapi diantaranya perang Ukraina dengan Rusia. Perang itu diprediksi akan berdampak pada krisis pangan dan energi diberbagai negara termasuk Indonesia. Ditambah lagi adanya varian baru virus Corona dan penyakit-penyakit yang timbul pada saat sekarang ini.

Sigit juga menyebut adanya ancaman perpecahan yang harus dicegah akibat nanti dari Pilres, Pileg dan Pilkada 2024 mendatang. “Itu semua bagian yang harus kita hadapi, lewati dan laksakan dengan baik,” ucapnya.

Sigit menyakini apabila semua eleman bangsa bersatu dengan kebhinekaan yang ada, maka situasi dan masalah apapun akan dapat dihadapi dengan baik. Tentunya, berdampak baik pada kemajuan negara Indonesia dan visi Indonesia Emas 2024 dapat terwujud.

“Ini menjadi satu kekuatan dan itu modal kita untuk melompat maju menghadapi kompetisi dengan negara lain,” pungkasnya.

Jmy