by

4.735 Warga Jakbar Jalani Pemeriksaan Kesehatan Paru

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Barat mencatat sebanyak 4.735 warga telah menjalani pemeriksaan Kesehatan paru yang digelar secara mobile selama Januari 2023.

Kepala Sudinkes Jakarta Barat, Erizon Safari mengatakan, layanan pemeriksaan paru secara mobile yang digelar di delapan kecamatan se-Jakarta Barat sejak awal Januari hingga pekan lalu berhasil melayani sebanyak 4.735 warga.

“Dari ribuan warga yang telah diperiksa, sebagian kecil saja yang dinyatakan positif mengidap tuberkulosis. Tapi, angka pastinya saya belum tahu persis,” ujar Erizon Safari, Rabu (1/2).

Ia mengungkapkan, pihaknya langsung melakukan pengobatan bagi warga yang diketahui mengidap tuberkulosis dari hasil layanan pemeriksaan paru secara mobile yang digelar sejak awal Januari 2023.

“Kami mengerahkan kader puskesmas untuk melakukan pendampingan selama menjalani proses pengobatan bagi warga yang dinyatakan positif tuberkolosis,” ungkapnya.

Dijelaskan Erizon, penderita tuberkulosis akan menjalani proses pengobatan selama enam bulan lamanya.

“Warga yang mengidap tuberkulosis wajib rutin mengonsumsi obat dan mengikuti treatment kesehatan oleh tim medis puskesmas,” jelasnya.

Ia menambahkan, kader bertanggung jawab memantau jika pasien tuberkulosis tidak mengambil obat ke puskesmas.

“Kader puskesmas wajib mendatangi atau menghubungi keluarga pasien tuberkulosis yang sedang menjalani pengobatan,” tandasnya.

210