by

Forkopimcam Jonggol Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Berita Jonggol, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Forkopimcam Jonggol yang terdiri Pemerintah Kecamatan Jonggol, Polsek Jonggol dan Koramil 0621-07 Jonggol menggelar upacara peringatan Hari Lahir (Harla) Pancasila. Kegiatan upacara yang diperingati dari peristiwa bersejarah Soekarno yang melakukan pidato dengan tajuk “Lahirnya Pancasila”, digelar di halaman Kantor Kecamatan Jonggol, Kabupaten Jonggol pada 1 Juni 2023.

Upacara dimulai dari persiapan, penghormatan kepada Bendera Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta serta pembacaan pidato Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan yang dibacakan oleh Camat Jonggol Andri Rahman S.STP, M.Si. Dimana dalam pidato, Camat Jonggol menyebutkan pesan Bupati agar kehidupan bergotong royong terus digairahkan untuk membangun peradaban.

Ketika bergotong royong dan bersatu, bahwa berdasarkan data dan pengalaman terbukti bisa membawa bangsa melewati berbagai tantangan. Hal tersebut juga bisa ditemui didalam kehidupan masyarakat sehari-hari, dimana ketika bekerja bahu membahu dan bersama, maka tidak ada yang tidak bisa diselesaikan, dan itulah salah satu bentuk pengamalan Pancasila.

Sementara ketika selesai upacara, Camat Jonggol dalam pernyataan kepada pers menyatakan bahwa Pemerintah Kecamatan akan terus menumbuhkan nilai-nilai Pancasila untuk dipertahankan, dilestarikan dan diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut sudah dipraktekan di instansi tempat dirinya memimpin dan mendorong serta mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang sama.

“Perlu nilai Pancasila di tumbuh kembangkan, dipertahankan, dilestarikan bahwa diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dilingkungan masing-masing” ujar Camat Jonggol tegas dan bersemangat.

Camat Jonggol juga mengucapkan terimakasih kepada semua unsur masyarakat yang hadir, yang sudah bersama memperingati peristiwa bersejarah penting, dimana Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Dalam konteks gotong royong sesuai dengan nilai Pancasila, Camat Jonggol juga mengajak masyarakat untuk bersama mensukseskan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 tanggal 3 Juni. Salah satu bentuk perayaan HJB yang akan dilakukan Kecamatan Jonggol, akan dilakukan pemberian penghargaan kepada pelajar yang berprestasi dalam bidang olaharga dan akademis.

“Anak anak yang masuk Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), kemudian Olimpiade Olaharga, Pendidikan, Matematika, Kita akan berikan penghargaan. Apalagi yang berprestasi ditingkat Provinsi atau Nasional” ujar Andri menjelaskan dan mengajak warga untuk hadir sosialisasi KPK di Stadion Pakan Sari pada 4 Juni.

Kemudian Camat Jonggol menginformasikan bahwa akan dilakukan pemberian apresiasi penghargaan berupa santunan kepada 5 Purnabakti yang pensiun di Kecamatan Jonggol atas jasa dan baktinya atau biasa disebut pemberian Kadeudeuh. Selain itu ditanggal 3 Juni akan diberikan juga apresiasi kepada Posyandu untuk penilaian pencapaian Subpin tertinggi bagi Posyandu, Kader dan Kades. Dan untuk hari ini setelah upacara akan dilakukan berbagai kegiatan lomba dan Pelantikan Kelompok Sadar Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas).

Hadir dalam upacara hari ini Kapolsek Jonggol, Danramil 0621-07 Jonggol, Kepala UPT Dinas / Instansi Se-Kecamatan Jonggol, Kepala KUA Kecamatan Jonggol, Ketua PKK Kecamatan Jonggol, Kepala Desa Se-Kecamatan Jonggol, Ketua MUI Kecamatan Jonggol, Ketua Forum BPD Se-Kecamatan Jonggol, Ketua DMI Kecamatan Jonggol, Himpaudi, IGTK, KOK, Kormi, KNPI, Gibas, FKKPI Karang Taruna, TKSK, IPSM, Kwarran Pramuka.

Joner