by

Presiden Jokowi Akan Tinjau Tambang Grasberg hingga Luncurkan Teknologi 5G Mining

Berita Papua, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Mengawali kegiatan di hari ketiga kunjungan kerja ke Provinsi Papua, Kamis (01/09/2022) pukul 07.00 Waktu Indonesia Timur (WIT), Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Jokowi bersama rombongan dengan mengendarai kendaraan roda empat menuju Tambang Grasberg milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika yang berada di ketinggian 3.325-4.285 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Setelah itu, Presiden akan menuju lokasi tambang bawah tanah di OB 04 untuk meninjau ruang kontrol pengendali alat berat berteknologi 5G.

Selepasnya, Presiden akan menuju DMLZ underground untuk meninjau tempat ibadah yang berada di bawah tanah yaitu Masjid Jami Baabul Munawwar dan Gereja Oikumene Soteria.

Setelahnya, Presiden akan menuju Tera shop untuk meluncurkan teknologi terbaru di sektor pertambangan yaitu 5G mining. Teknologi 5G mining sendiri merupakan hasil kerja sama antara Telkom Group dengan PTFI.

Saat memberikan sambutan dalam silaturahmi dengan karyawan PTFI, Rabu (31/08/2022) malam, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ia akan melihat pengelolaan pertambangan dengan menggunakan teknologi 5G mining.

“Ini yang mau saya lihat seperti apa sih me-manage sebuah tambang dengan 5G sistem, saya mau lihat besok,” ucap Presiden

Pada sore harinya, Presiden dan Ibu Iriana diagendakan untuk lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85 menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, melalui Bandara Internasional Mozes Kilangin Timika.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam kunjungan kerja ini yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

210