by

Kapolri Pimpin Upacara Pelepasan Personel Korban Heli P-1103

Berita Tanggerang, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Upacara proses pelepasan jenazah personel Kepolisian yang menjadi korban insiden jatuhnya helikopter P-1103 di perairan Bangka Belitung, digelar hari ini. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung prosesi ini.

Prosesi pelepasan langsung oleh Jenderal Sigit ini sebagai bentuk penghormatan terhadap para personel Polri yang gugur dalam bertugas tersebut. Agenda diselenggarakan di Markas Polairud, Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

“Ini adalah upacara persiapan pengantaran jenazah ke keluarga. Sebagaimana kita ketahui, beberapa waktu lalu keluarga besar Polri menerima musibah. Ada satu heli kami yang berisikan empat anggota mengalami lost contact akibat cuaca buruk,” kata Sigit dalam rilisnya, Rabu (30/11/2022).

Sigit menegaskan insiden jatuhnya Helikopter P-1103 adalah duka bagi seluruh keluarga besar institusi Korps Bhayangkara. Tanpa mengurangi kedukaannya, menurut Sigit, bagi seluruh prajurit yang gugur dalam menjalankan tugas, hal itu merupakan suatu bentuk kehormatan.

Lebih dalam, Sigit tetap memberikan doa terbaiknya untuk seluruh prajurit yang gugur dalam bertugas dan pihak keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kekuatan serta ketabahan dalam menghadapinya.

“Tentunya ini adalah musibah bagi kami semua, bagi keluarga besar Polri. Namun demikian, tentunya bagi prajurit yang gugur di medan tugas adalah suatu kehormatan. Tentunya kami doakan kepada para almarhum seluruhnya diterima di tempat terbaik di sisi-Nya, dan juga seluruh keluarga korban diberikan kekuatan dan ketabahan,” ujar Sigit.

Di sisi lain, Sigit memaparkan bahwa Polri beserta pihak lainnya, seperti TNI, Basarnas, pemda, dan masyarakat yang berjumlah sekitar 600 orang, telah berupaya maksimal dalam proses pencarian dan evakuasi korban jatuhnya helikopter tersebut.

Sigit mengungkapkan bahwa dari empat korban yang ada di helikopter tersebut, tiga orang di antaranya kini sudah berhasil ditemukan.

“Alhamdulillah, kita temukan kemarin dua, kemudian tadi pagi kita mendapatkan informasi ditemukan satu lagi korban atas nama Aipda Joko M. Alhamdulillah sampai saat ini kita telah berhasil temukan tiga orang anggota kita, namun dalam keadaan sudah meninggal,” ucap Sigit.

Terhadap satu korban yang belum ditemukan, Sigit memastikan Polri beserta pihak lainnya terus melakukan upaya maksimal dalam proses pencariannya.

Selain korban, Sigit menyatakan proses pencarian dilakukan terhadap helikopter yang jatuh. Sejauh ini, telah ditemukan beberapa puing-puing dari helikopter tersebut.

“Saya mohon doanya dari teman-teman media untuk satu anggota kita saat ini masih kita cari mudah-mudahan bisa segera bisa ditemukan. Karena memang kondisi di lokasi pencarian cuacanya masih sangat buruk. Sehingga agak sulit untuk melakukan pencarian dengan cepat. Namun demikian, mudah-mudahan bisa kita temukan dengan cepat,” tutup Sigit.

210