by

Di Asia, MRT Jakarta Jadi Rujukan Operator Kereta Komuter

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

PT MRT Jakarta (Perseroda) berencana mengembangkan unit bisnis perusahaan dengan usaha jasa konsultasi dan Pelatihan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), William Sabandar mengatakan, pihaknya mendapat tiga mandat yakni, membangun jalur, mengoperasionalkan dan pengembangan transport oriented development (TOD). Setelah menuntaskan pembangunan jalur fase 1, MRT Jakarta sudah mengoperasionalkan jalur tersebut selama tiga tahun.

“Selama tiga tahun beroperasi, capaian kita 100 persen on time perjalanan. Inilah yang diapresiasi,” katanya, Jumat (1/7).

Dikatakan William, apresiasi tersebut berujung sejumlah operator mencoba belajar ke MRT Jakarta. Paling dekat, pihak Ho Chi Minh City Metro, operator komuter di kota Ho Chi Minh, Vietnam sudah menjajaki kerja sama meminta pelatihan sejumlah bidang seperti operasional, perawatan, layanan penumpang, keselamatan, risiko keuangan, konstruksi dan keuangan.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Muhammad Effendi menambahkan, selain di Ho Chi Minh City, sejumlah operator lain di Asia seperti JR East dan Department of Transportation Philippines juga akan menjalin kerja sama konsultasi dan pelatihan.

Selain kemampuan operasional yang menjadi rujukan, materi pelatihan yang membolehkan peserta terjun praktik lapangan menjadi kelebihan MRT Jakarta.

“Seperti pemudi kereta, tidak banyak perusahaan yang membolehkan masuk dan mencoba mengoperasionalkan. Kita bahkan memberi kesempatan job shadow,” tandasnya.

210