by

Bupati Samosir Pimpin Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Ke 73

Samosir.Olnewsindonesia,Jum’at (01/06)

Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, pimpin upacara bendera hari lahirnya Pancasila yang ke 73 (01 Juni 1945 – 01 Juni 2018), bertempat di Tanah Lapang Onan Lama Pangururan Samosir, Jum’at (01/06).

Foto : Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, membacakan amanat President RI, Ir.Joko Widodo, pada upacara bendera hari lahirnya Pancasila yang ke 73, Jum'at (01/06)
Foto : Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, membacakan amanat President RI, Ir.Joko Widodo, pada upacara bendera hari lahirnya Pancasila yang ke 73, Jum’at (01/06)

Dalam amanat President Republik Indonesia, Ir.Joko Widodo, yang dibacakan oleh Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM menyampaikan, bahwa sebentar lagi kita akan merayakan hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke 73. Selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi Bintang pemandu bangsa Indonesia. Selama 73 tahun Pancasila sudah bertahan dan tumbuh ditengah deru ombak ideologi ideologi lain yang berusaha menggesernya. Dan selama 73 tahun Pancasila sudah menjadi rumah kita yang berbhineka tunggal ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat indonesia.

Foto : Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon KM, bersama Ketua DPRD Samosir, Rismawaty Simarmata serta para OPD ikuti upacara hari lahir Pancasila di Tanah Lapang Onan Lama Pangururan.
Foto : Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon KM, bersama Ketua DPRD Samosir, Rismawaty Simarmata serta para OPD ikuti upacara hari lahir Pancasila di Tanah Lapang Onan Lama Pangururan.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah, yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan bathin para founding fathers Indonesia, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Saudara sebangsa setanah air, sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku, dengan lebih dari 1100 bahasa lokal yang hidup dilebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika, untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa yang pemimpin.

Foto : Pelajar dan ASN hadiri upacara bendera hari lahir nya Pancasila yang ke 73 di Tanah Lapang Onan Lama Pangururan.
Foto : Pelajar dan ASN hadiri upacara bendera hari lahir nya Pancasila yang ke 73 di Tanah Lapang Onan Lama Pangururan.

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam Bhineka Tunggal Ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan dalam mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila untuk melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada para Founding Fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila.
Saya juga ingin mengajak para ulama dan para tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, TNI/Polri, pekerja dan pelaku ekonomi, serta selurh komponen bangsa untuk bersama sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita, membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya.

“Selamat Hari Lahir Pancasila”.

Foto : Para OPD, TNI/Polri, serta ASN hadiri upacara bendera hari lahir Pancasila yang ke 73
Foto : Para OPD, TNI/Polri, serta ASN hadiri upacara bendera hari lahir Pancasila yang ke 73

Demikian amanat Presiden Jokowi yang dibacakan oleh Bupati Samosir, pada upacara hari lahir Pancasila yang ke 73. Upacara berjalan dengan lancar dan hikmad.

Tampak hadir pada upacara hari lahir Pancasila, para FKPD, OPD, TNI/POLRI, Pelajar, serta ASN dilingkungan pemerintah kabupaten Samosir.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.