Wakil Kepala Dinas LH Buka Jambore Sispala 2023 Di PIK

BERITA, JAKARTA13 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com 

Ratusan pelajar SMA/SMK mengikuti Jambore Siswa Pecinta Alam (Sispala) 2023 di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Jambore Sispala 2023 dibuka oleh Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta, Sardjoko. Kegiatan ini diinisiasi oleh Forum Alumni Siswa Pecinta Alam (Fasta) SMA/SMK Jakarta dan akan berlangsung dari tanggal 28 hingga 30 Juli 2023.

Wakil Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Sardjoko mengatakan, kegiatan ini sebagai bagian proses upgrading, bagaimana meningkatkan kemampuan pribadi serta selanjutnya menularkan kepada orang lain untuk bersama bertanggung jawab menjaga dan melestarikan alam.

“Kami mengapresiasi atas dilaksanakannya Jambore Sispala 2023 di kawasan Ekowisata Manggrove PIK Jakarta Utara. Ini seseuatu yang harus dimulai dari kita,” ujar Sardjoko, Jumat (28/7) sore.

Dikatakan Sardjoko, menjaga dan melestarikan alam tidak dapat diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah.

Ia memaparkan, kondisi penurunan kualitas udara di Jakarta yang saat ini viral diperbincangkan di sosial media. Untuk itu, semua pihak memiliki tanggung jawab dan peran yang diakukan untuk menjaga kualitas udara.

“Selain menjaga kualitas udara, upaya lain yakni menjaga agar tidak terjadi pencemaran air dan mempertahankan keanekaragaman hayati, itu adalah tanggung jawab kita bersama. Inilah yang akan dimulai oleh pelajar Sispala,” paparnya.

Ia berharap, generasi muda yang tergabung dalam wadah Sispala atau Pramuka dan sebagainya memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga dan melestarikan alam.

“Jadi apapun organisasinya, sesungguhnya memiliki tanggung jawab menjaga dan melestarikan alam,” tegasnya.

Sementara Ketua Forum Alumni Siswa Pecinta Alam (Fasta) SMA/SMK DKI Jakarta, Adjie Rimbawan menambahkan, Jambore Sispala 2023 digelar bertujuan mempererat tali silaturahmi dan saling membantu antarsesama.

“Jambore Sispala 2023 bertema Membangun Karakter Bersama Alam memberikan perhatian kepada Pemprov DKI Jakarta. Kami ingin berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Jambore Sispala 2023 diikuti sebanyak 248 siswa dari 43 ekstrakulikuler Sispala SMA/SMK se-DKI Jakarta, Bogor, Bekasi dan Tangerang.

210