Peringati Hari Kebangkitan Nasional, PEMA Kab Karo Ziarah Ke Situs Putri Hijau Di Desa Suka Nalu

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Memperingati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116, Persadaan Mahasiswa (PEMA) Kabupaten Karo melakukan ziarah ke salah satu tempat kediaman Putri Hijau yang bersejarah dan merupakan cagar budaya suku Karo yang bertempat di Desa Suka Nalu Kecamatan Barus Jahe Kabupaten Karo Senin (20/05/2024).

Bestari Depari A. Md selaku Ketua Persadaan Mahasiswa (PEMA) Kab Karo mengatakan bahwa
tujuan kegiatan untuk melestarikan kebudayaan Karo khususnya dan meningkatkan rasa bangga kepada kebudayaan Karo.

“Situs Putri Hijau merupakan warisan leluhur, yang me­nyim­pan nilai budaya yang tinggi di zamannya. Legen­da­nya yang tidak lekang di­makan waktu. Me­nyimpan mak­na, budaya dan adat isti­adat kekayaan yang diwaris­kan kepada generasi penerus merupakan harta paling ber­harga. Karena itu, identitas diri khususnya suku Karo, dijalan­kan secara turun te­mu­run da­lam rupa kebudayaan dan adat istiadat. Yang didalamnya mengandung kekuatan bati­niah” ujar Bestari.

Sementara Boni Sembiring Meliala selaku Sekretaris Persadaan Mahasiswa (PEMA) Kab Karo mengatakan bahwa kebudayaan Karo tidak boleh hi­lang ditelan zaman, karenanya situs bersejarah ini harus dijaga dan dilestarikan sebagai pembelajaran ba­gi masya­rakat, khusus­nya pemuda dan pemudi di masa kini era mil­lenial.

Dan saat di konfirmasi awak media rombongan tampak menaburkan bunga dan meninggal kan sebatang rokok (tradisi budaya Karo_red) sembari beranjak meninggalkan lokasi.

Boni