by

Dispusip DKI Jakarta Gelar IKRA dan Baca Jakarta Triwulan IV 2023

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta kembali menggelar Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan IV.

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program yang telah diselenggarakan pada Triwulan I, II, dan III tahun 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Firmansyah mengatakan, dalam pelaksanaan IKRA, pihaknya telah berkolaborasi dengan berbagai unsur, seperti kecamatan, kelurahan, dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di wilayah Provinsi DKI Jakarta, untuk mendistribusikan buku bacaan kepada masyarakat (keluarga).

“Bahan bacaan yang telah didistribusikan itu akan dipinjamkan selama 14 hari atau lebih. Peserta dapat memanfaatkannya melalui kegiatan membaca dan meringkas bahan bacaan bersama keluarga. Kemudian, hasil membaca dan meringkas bacaan tersebut dipublikasikan pada akun media sosial milik masing-masing peserta dalam bentuk foto dan video,” ujar Firmansyah di Jakarta, Jumat (3/11).

Lebih lanjut Firmansyah menambahkan, topik buku bacaan yang disediakan bervariasi, seperti buku cerita atau dongeng untuk anak, hingga buku pengetahuan dan keterampilan untuk orang tua.

Ia berharap, melalui kegiatan membaca dan menulis ringkasan tersebut dapat membuat peserta memahami isi bacaan, memperoleh ide, serta gagasan yang inovatif dalam menghasilkan karya yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun masyarakat.

Sebagai bentuk apresiasi, Dispusip DKI Jakarta akan memberikan e-sertifikat kepada seluruh peserta IKRA dan lima peserta terbaik memperoleh hadiah menarik dari Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi.

Sementara itu, Tantangan Baca Jakarta Triwulan IV mengusung tema ‘Keliling Dunia’ yang akan dilakukan selama 14 hari pada 5-18 November 2023 mendatang. Melalui tema tersebut, Firmansyah mengatakan, Dispusip DKI Jakarta ingin mengajak para peserta untuk menjelajahi berbagai negara melalui buku bacaannya.

“Baca Jakarta merupakan tantangan membaca selama 14 hari yang diperuntukkan kepada seluruh masyarakat tanpa batasan usia. Semua orang berhak membaca dan memiliki kesempatan untuk mengikuti keseruan tantangan ini. Kami juga telah menyediakan berbagai apresiasi menarik untuk para peserta yang secara konsisten mengikuti tantangan Baca Jakarta. Seluruh apresiasi tersebut akan diberikan setelah kegiatan berakhir, sesuai jadwal masing-masing wilayah, dan diharapkan dapat menjadi dorongan bagi masyarakat untuk mengikuti tantangan Baca Jakarta,” imbuh Firmansyah, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Pelaksanaan Baca Jakarta kali ini akan melibatkan para duta baca dalam mempromosikan tantangan yang berlangsung, yaitu melalui video dukungan pada media sosial Baca Jakarta. Pelibatan duta baca ini diharapkan dapat memberikan sosok inspiratif dan menyemangati masyarakat untuk terus membaca.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti tantangan Baca Jakarta, silakan mendaftarkan diri melalui Jaklitera pada laman https://perpustakaan.jakarta.go.id. Sedangkan bagi masyarakat yang telah memiliki akun Jaklitera, dapat langsung masuk ke banner Baca Jakarta yang ada di halaman depan website/aplikasi dan mengisi booklet tantangan setiap hari. Informasi lengkap mengenai pendaftaran dan pelaksanaannya dapat dilihat secara berkala melalui media sosial Baca Jakarta di Instagram, Facebook, dan Youtube.

210