Ini Hasil Olah TKP Oleh Tim Labfor Polda Sumut Temukan Beberapa Fakta Kebakaran Rumah Wartawan

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

PLH. Kapolres Tanah Karo, AKBP Oloan Siahaan, S.I.K., M.H., memberikan penjelasan terkait insiden kebakaran yang terjadi di sebuah warung di Jalan Nabung Surbakti Ujung, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo dini hari kemarin, Kamis (27/06.2024) sekitar pukul 03.30 WIB.

Untuk keempat jenazah korban, telah diverifikasi oleh Tim Dokter Otopsi Rumkit Bhayangkara, bahwa keempat korban adalah benar orang yang tinggal di warung tersebut sesuai keterangan saksi, yakni Sempurna Pasaribu (47), pemilik warung, Elfrida Ginting (48) istri korban, Sudi Investi Pasaribu (12) anak korban dan Loin Situngkir (2), cucu dari korban.

Dan dari hasil investigasi pengolahan TKP, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sumatera Utara berhasil mengungkap sejumlah fakta penting terkait peristiwa tragis tersebut.

Pertama, lokasi api pertama kebakaran (LAPK) ditemukan di permukaan lantai dekat dinding kanan rumah (warung). Lokasi ini juga berdekatan dengan tempat ditemukannya keempat jenazah korban di sebuah kamar sempit berukuran 2×3 meter.

Kedua, hasil pemeriksaan dari rangkaian listrik, menunjukkan bahwa tidak ada indikasi korsleting listrik sebagai penyebab kebakaran.

Ketiga, menurut keterangan saksi, suami korban kembali ke rumah sekitar pukul 01.00 WIB, sedangkan kebakaran terjadi sekitar pukul 03.30 WIB.

Keempat, di dalam rumah yang berukuran sekitar 3,5×9 meter tersebut, korban menyimpan bensin sebagai barang dagangan, selain Gas serta kebutuhan sehari-hari lainnya. Dari adanya beberapa barang barang akseleran di warung tersebut, disimpulkan bahwa suara ledakan yang didengar para saksi disebabkan oleh intensitas kebakaran yang tinggi, dipicu oleh bahan bahan yang mudah terbakar seperti pertalite dan gas ukuran 3 Kg.

AKBP Oloan, menyampaikan, temuan temuan yang disampaikan ini merupakan temuan sementara dari hasil pemeriksaan di TKP oleh Tim dari Labfor Polda Sumut kemarin.

“Dengan temuan temuan ini, diharapkan penyelidikan lebih lanjut dapat mengungkap secara jelas penyebab dan kronologi kebakaran yang merenggut nyawa ini”, kata Kapolres.

“Dengan temuan ini, diharapkan penyelidikan lebih lanjut dapat mengungkap secara jelas penyebab dan kronologi kebakaran,” katanya.

Oloan juga menegaskan, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan mendalam untuk memastikan tidak ada faktor lain yang terlewat dalam kasus ini.

“Polisi mengedepankan scientific crime investigation, dengan Tim dari Polres dan yang diturunkan Polda Sumut berharaf penyebabnya segera diketahui,” pungkasnya.

(David)