by

Dalam Pertemuan RPJMDes Desa Gongsol, Singgung Stunting Yang Jadi Kasus Nasional

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintahan Desa Gongsol Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo laksanakan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) pertama dalam tahun 2023 di Jambur (aula) Desa Gongsol jalan Arih Ersada, Selasa malam ( 28/03.2023) dimulai sekitar pukul 20.30 WIB yang dihadiri Pihak Kecamatan, Polsek Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Perangkat Pemerintahan Desa Gongsol, BPD Desa Gongsol, perwakilan Pendamping Desa dan warga masyarakat Gongsol.

Mewakili BPD, Faridah Br Ginting mengatakan,” dimana dalam kegiatan RPJMDes ini, mari kita berikan usulan – usulan atapun berupa aspirasi setiap warga melalui Dusun masing-masing, dan dimana nantinya usulan usulan kita akan nantinya kita jalan yang skala prioritas,” ujarnya.

Kepala Desa (Kades) Gongsol, Jon Pomen Surbakti dalam sambutannya menyampaikan,” mari kita sama sama membangun Desa kita ini, dan disini saya butuh masih bimbingan masyarakat, namun saya ada niat akan memberikan nantinya ke anak sekolah yang berpotensi ataupun yang mendapat juara akan kita berikan hadiah, ini adalah inisiatif saya kepada anak anak yang berprestasi,” ujar Kades ini.

Camat Merdeka, Binaria Surbakti S. IP menyampaikan,” dimana kita mengikuti acara RPJMDes ini, dalam hal musyawarah, jadi apa yang kita lakukan hari ini adalah bagaimana membuat pembangunan Desa Gongsol ini gimana agar lebih baik, maka dari itu kami/Pemerintahan Desa Gongsol, semua mengundang masyarakat bahwa apa yang kita butuhkan di Desa ini. Kita sudah undang warga masyarakat jadi yang hadir ini sudah mewakili dari setiap Dusun, jadi jangan nanti ada bahasa yang sumbang setelah usainya RPJMDes ini, ” ucapnya.

“RPJMDes ini adalah sangat penting yang merupakan agenda kita untuk 6 tahun kedepan nya, malam ini kita musyawarah untuk mengambil usulan ataupun aspirasi warga untuk kita laksanakan dalam pembangunan Desa Gongsol, jadi mari kita ikuti dan memberikan usulan demi meningkatkan taraf ekonomi rakyat, jadi apa yang dibutuhkan mari bapak/ibu usulkan di rapat musyawarah kita ini, agar kita tampung semua usulan kita, semoga skala prioritas akan di utamakan,” harap Camat ini lagi.

Pantauan wartawan, setiap Dusun memberikan usulan usulan untuk menunjang kemajuan pembangunan setiap Dusun, diantaranya dari Karang Taruna meminta dibuatkan semisal tempat pengolahan Kompos, dan Jambur (Aula) Gongsol agar tidak digunakan sebagai tempat Parkir, serta pihak Karang Taruna meminta membuatkan tempat area Parkir khusus dan dari pihak Puskesmas Desa Gongsol meminta agar anak Balita Rajin dibawa ke Puskesmas mengecek kondisi anak apakah dinyatakan kurang sehat atau gejala Stunting yang mana Stunting saat ini sudah isu ataupun kasus Nasional.

(David)