by

BPJS Kesehatan Karo Gelar Media Gathering Dengan Wartawan Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Karo gelar Family Gathering/Media Gathering bersama Wartawan Kabupaten Karo di aula Bob’s Cafe jalan Pahlawan Kabanjahe, Kabupaten Karo yang di mulai sekira pukul 11.20 WIB, Selasa (28/06.2022) yang dihadiri oleh Ketua PWI Kabupaten Karo Justianus Purba, Plt.Kadis Kominfo Karo Leonardo Surbakti dan Kepala Bagian Umum BPJS Kabanjahe Carles Siburian.

Adapun thema ataupun poin yang dibahas dalam Family Gathering tersebut yakni : knowledge refreshment “tehnis penulisan berita yang baik” dan Diskusi Panel tentang “peran media dalam mewujudkan dunia jurnalistik yang netral sekaligus dalam mensukseskan program JKN -KIS.

Ketua PWI Kabupaten Karo Justianus Purba dalam paparannya sebagai salah satu Narasumber menyampaikan terkait thema yang dibahas bahwa wartawan itu dasarnya harus memahami UU pokok Pers yang terkait pembuatan berita.

Lanjutnya,” dalam unsur pembuatan berita itu, diantaranya berita itu aktual sesuai dasar menulis wartawan sesuai 5 W plus 1 H, dan di dalam penyajian berita ada straight news, investigasi news, dan tentu harus ada hal yang harus Kita pahami sebelum membuat berita artinya wartawan profesional dengan mencari data dengan mengecek ke lokasi, mencari informasi, dan membuat dokumentasi sesuai dengan topik berita, namun sesuai kode etik jurnalis,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kominfo Karo Leonardo Surbakti dalam sambutannya mengatakan,” bahwa kita semua menjunjung keakraban sesama wartawan di balut dalam adat budaya Karo yang penuh santun, wartawan Pemkab Karo itu kritis namun tak ada solusi, ungkapnya disambut tawa peserta Media Gatring tersebut.

Ditambahnya lagi,” sekaitan acara rutin yang pernah Pemkab buat tentang Pelatihan pelatihan jurnalistik, kedepan nya kita akan buat kembali, dan apa bila berkenan pihak BPJS kita bisa kerjasama dalam hal tersebut, karena teman teman wartawan di Pemkab Karo enak diajak berkomunikasi,” ungkap nya sekaligus apresiasi pihak BPJS yang telah menggelar kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum BPJS Kesehatan Kabanjahe, Carles
Siburian saat di minta keterangan nya menyampaikan, “bahwa pihak BPJS sejak lama wartawan itu adalah teman dan mitra kita, jadi melalui kegiatan Media Gathering ini kami juga berharap agar Media dapat menguatkan perannya secara Netral dan Independen sesuai kode etik jurnalistik dan mendukung kesuksesan program JKN-KIS,” ujarnya singkat.

Pantauan wartawan di lokasi dalam kegiatan Media Gathering ini, pihak BPJS membuat Quis hiburan dengan memberikan pertanyaan sesuai materi yang di sampaikan, dan Quis tersebut tak lain untuk mempererat tali silaturahmi dengan penuh kekeluargaan antar Jurnalis dan pihak BPJS.

(David)