by

Di Audit Kasus Stunting Di Pulau Pramuka Oleh Sudin PPAPP Kepulauan Seribu

Berita Kepulauan Seribu, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu menggelar kegiatan Audit Kasus Stunting di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kegiatan Audit Stunting diikuti sebanyak 94 peserta perwakilan dari PKM kelurahan dan kecamatan Kepulauan Seribu Utara, RSUD Kepulauan Seribu, Tim Penggerak PKK kelurahan, Pokja Kampung KB, kader Dasawisma, kader Posyandu dan kader Poktan.

Kepala Seksi Penggerakan dan Ketahanan Keluarga Sudin PPAPP Kepulauan Seribu, Dede Irawan mengatakan, kegiatan ini dalam rangka tindak lanjut dan evaluasi hasil-hasil kegiatan pendampingan oleh tim pendamping keluarga yang sudah berjalan selama ini.

“Juga untuk melihat kasus per kasus yang ada di wilayah terkait penangangan stunting yang ada di wilayah. Jadi di sini, bagian dari mencari solusi dalam penanganan stunting,” ujarnya, Rabu (26/10).

Dede mengatakan, dalam kegiatan audit stunting ini pihaknya menghadirkan kader Dasawisma. Tujuannya sebagai evaluasi dan penilaian seberapa jauh mereka sudah berperan aktif terlibat dalam kegiatan pendampingan tim pendamping keluarga.

“Sasarannya, yakni calon pengantin, ibu hamil, dan ibu pasca-persalinan,” katanya.

Ditambahkan Dede, hingga bulan Oktober tahun 2022 ini pihaknya sudah mendapatkan data hasil pendampingan. Tercatat rata-rata sudah 95 persen dilakukan pendampingan terhadap keluarga sasaran.

“Alhamdulillah progresnya dari Sudin Kesehatan dan Puskesmas bahwa angka sasaran pendampingan semakin turun. Artinya ada peningkatan terhadap hasil pendampingan kita terkait sasaran stunting,” tandasnya.

210