Surveilans Anthrax Hewan Kurban Dilakukan Di Tanjung Priok

BERITA, JAKARTA93 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Satuan Pelaksana Kesehatan Hewan, Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (Puskeswan) Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Rabu (21/6), melakukan Surveilans Anthrax pada hewan kurban di wilayah Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, surveilians ini menyasar lima lokasi penampungan hewan kurban. Kegiatan melibatkan Balai Veteriner (Bvet) Subang.

“Tim yang turun ke lapangan dari Puskeswan satu orang dan dari Bvet ada tiga orang. Mereka didampingi petugas dari kami,” katanya Kamis (22/6).

Menurut Unang, kegiatan surveilans meliputi pengambilan 40 sampel preparat ulas darah hewan kurban serta satu sampel tanah di lokasi penampungan..

Sampel preparat ulas darah, jelas Unang, selanjutnya akan diuji di Laboratorium Diagnostik Hewan. Sedangkan sampel tanah akan dibawa ke Balai Veteriner Subang untuk diuji ada tidaknya Bakteri Bacillus Anthraxis.

Unang menjelaskan, Surveilans Anthrax yang dilakukan sejak 12 hingga 27 Juni mendatang sebagai upaya pencegahan penyakit zoonosis. Kegiatan surveilans melakukan pemeriksaan hewan kurban dari lima wilayah kota dengan metode sampling.

“Untuk wilayah Jakarta Utara pengambilan samplingnya dilakukan di Kecamatan Tanjung Priok,” tandasnya.

210