by

Layanan Reservoir Komunal Di Marunda Kepu Ditinjau Pj Gubernur DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan peninjauan pelayanan PAM Jaya di Kampung Marunda Kepu, RW 07 Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

Sebanyak 200 kepala keluarga (KK) di lokasi tersebut saat ini sudah terlayani pipanisasi air bersih melalui metode reservoir komunal atau water tank.

“Saya tadi sudah melihat di dua rumah yang sudah teraliri air. Terima kasih Dirut PAM telah melayani warga,” ujar Heru Budi Hartono, Jumat (16/12).

Dijelaskan Heru, sebelum dilalukan pipanisasi, warga harus mengakses kebutuhan air bersih mereka ke kios air yang ada di wilayah permukiman. Setelah adanya pipanisasi, kini mereka sudah tidak perlu lagi bersusah payah mengangkut air bersih dari kios air tersebut.

“Saya juga titip Pak Wali dan Camat agar fasilitas ini terjaga. Nanti ada beberapa titik lagi yang akan terlayani seperti ini,” tambahnya.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, metode reservoir komunal atau water tank ini efektif bagi kawasan yang belum tersambung pipanisasi. Ke depan akan ada sembilan lokasi lain yang akan disambungkan pipanisasi dengan metode serupa.

“Sebelum 2026 – 2030 seluruhnya pipanisasi, reservoir komunal ini akan menjadi alternatif. Mudah-mudahan Maret 2023 sebanyak sembilan lokasi akan selesai,” tegasnya.

Warga RT 08/07 Kelurahan Marunda, Dasmini mengaku, sangat senang dengan layanan pipanisasi reservoir komunal. Sebelum ini, warga hanya bisa memanfaatkan kios air atau pedagang air pikul yang keliling kampung.

“Sekitar tujuh bulan kami menunggu layanan ini bisa terealisasi. Alhamdulillah sekarang airnya kencang ngalir langsung ke rumah,” tandasnya.

210