DKI Sediakan 6.909 Kursi Peserta Didik Jalur PPDB Bersama

BERITA, JAKARTA48 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta Tahun 2023 dibuka mulai Senin (12/6).

PPDB Bersama menjadi salah satu jalur penerimaan yang juga dibuka hari ini. PPDB bersama merupakan suatu bentuk sinergi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan sekolah swasta.

PPDB Bersama adalah bagian dari PPDB Jakarta yang memungkinkan calon siswa SMA dan SMK memilih sekolah swasta dengan Jalur Afirmasi. Calon Peserta Didik Baru (CPDB) bisa memilih SMA swasta secara gratis dengan pembiayaan dari APBD DKI Jakarta. Nantinya, CPDB akan dibiayai satu kali uang pangkal dan biaya operasional (SPP) per semesternya dalam waktu tiga tahun sekolah.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Syaefuloh Hidayat mengatakan, PPDB Bersama dilaksanakan dalam rangka memberikan serta memperluas akses pendidikan karena terbatasnya jumlah kursi yang dimiliki oleh sekolah negeri.

Syaefuloh menyampaikan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta menyediakan sebanyak 6.909 kursi untuk PPDB Bersama Tahun 2023 dengan rincian, SMA 2.764 kursi dan SMK 4.145 kursi. Dikutip dari laman resmi PPDB DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta bekerja sama dengan 110 SMA Swasta dan 146 SMK Swasta khusus untuk PPDB Bersama tahun ini.

“Sementara masih di jenjang SMA dan SMK. Kita secara bertahap nanti disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah akan terus mengembangkan atau bekerja sama dengan sekolah swasta dalam rangka peningkatan kualitas sekolah swasta,” ujar Syaefuloh di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Jalan HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Syaefuloh menjelaskan, dilaksanakannya PPDB Bersama ini juga bertujuan memperkuat kualitas sekolah swasta. Melalui PPDB Bersama sekolah negeri akan berkolaborasi dengan sekolah swasta bersangkutan supaya kualitasnya setara dengan sekolah negeri.

“Artinya, sangat memungkinkan guru-guru di sekolah negeri untuk mengajar di sekolah swasta, berikut juga fasilitas yang dimiliki oleh sekolah negeri bisa digunakan oleh murid yang bersekolah di PPDB Bersama,” kata Syaefuloh.

Dia menyampaikan, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta berupaya mewujudkan pemerataan dan perluasan akses pendidikan bagi seluruh peserta didik di Jakarta, salah satunya melalui PPDB Bersama. Bahkan, DKI Jakarta bisa menjadi best practice bagi provinsi lain terkait pelaksanaan PPDB Bersama tersebut.

“Mudah-mudahan bisa jadi role model. Sebagaimana Permendikbud, konsepnya saat ini tidak ada lagi sekolah unggulan. Kita ingin kualitas sekolah negeri maupun swasta di Jakarta semua sama memberikan layanan terbaik bagi siswa,” kata Syaefuloh.

Adapun untuk pendaftarannya bisa diakses melalui link https://ppdb.jakarta.go.id/ dengan memilih jalur PPDB Bersama di jenjang SMA/SMK.

210