Jurnalis Karo Gelar Aksi Damai Di Depan Gedung DPRD Karo

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Puluhan wartawan dari berbagai asosiasi yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Karo Bersatu menggelar aksi damai dan berorasi di Kantor DPRD Karo dan Polres Tanah Karo, Kamis (11/07.2024) sekira pukul 10.30 WIB.

Kehadiran wartawan dari berbagai media cetak, online dan elektronik ini guna menuntut pengusutan kasus pembakaran rumah yang menewaskan wartawan Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu (47) bersama tiga anggota keluarganya pada 27 Juni 2024 lalu.

Aksi damai ini awalnya para Wartawan dari berbagai media ini berkumpul di halaman Kantor DPRD Karo sejak pagi. Mereka membentangkan spanduk berisi berbagai tuntutan dalam pengungkapan aktor intelektual di balik kasus tewasnya Rico Sempurna Pasaribu beserta istri, anak, dan cucu usai rumahnya dibakar.

Koordinator aksi, Tekwasi Sinuhaji dalam orasinya menuntut agar DPRD Karo segera menyatakan sikap atas insiden maut yang di duga diotaki oleh B.Ginting tersebut. Ia juga meminta DPRD Karo segera menggelar rapat dengar pendapat (RPD) atas kasus itu dengan mengundang pihak terkait dan keluarga korban.

Pasalnya, kata Tekwasi, dalam kasus ini diduga ada indikasi keterlibatan oknum TNI sebagai aktor intelektual atas tewasnya Rico Sempurna Pasaribu dan keluarganya. Hal ini dikuatkan atas berita yang dimuat korban di portal berita media online Tribrata TV terkait lokasi judi diduga milik oknum TNI berinisial Koptu HB di Jalan Bom Ginting Kabanjahe, beberapa hari sebelum terjadinya peristiwa tragis itu.

Dalam aksi ini, tak satu pun legislator hadir di kantor meski pada hari kerja, sehingga Massa (puluhan wartawan_red) akhirnya menerobos masuk ke kantor dewan dan mengecek beberapa ruangan, termasuk ruang kerja Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan yang dikawal oleh Polisi dan Satpol PP.

Massa aksi akhirnya ditemui oleh Sekretaris DPRD Karo, Eva Angela Br Sembiring di halaman kantor dewan usai mengikuti agenda rapat di Kantor Bupati Karo. Ia menyebut, tak hadirnya 35 orang anggota DPRD Karo dikarenakan tengah melaksanakan agenda tugas diluar Tanah Karo.

Dalam kesempatan ini, Eva memfasilitasi koordinator aksi berkomunikasi langsung dengan Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan melalui sambungan video call WhatsApp. Iriani menyatakan pihaknya selaku Wakil Rakyat di Karo mendukung sepenuhnya proses penyidikan Polisi atas kasus tewasnya wartawan sekeluarga.

Iriani juga menyampaikan pihaknya akan melaksanakan RDP terkait kasus tersebut pada Selasa 16 Juli 2024 mendatang. Nah, atas keterangan itu, massa aksi akhirnya bergerak melanjutkan tuntutannya ke Mapolres Karo.

(David)