by

Pj Ketua TP PKK DKI Panen Sayur Mayur Di Bintaro

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Ketua TP PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti Heru bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad, Uli Simanjuntak memanen bersama sayur mayur dari lahan Poktan Kebun Berseri, Perumahan Bukit Mas, Jalan Cakranegara/Mandalika Raya, RT 03/15, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Pokja III TP PKK DKI Jakarta, Komariah Marullah; Ketua TP PKK Jakarta Selatan, Essie Munjirin; dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati menuturkan, kegiatan hari ini merupakan panen bersama antara TP PKK DKI Jakarta dan Persit Kartika Chandra Kirana PG Kostrad.

“Dari kegiatan ini kami memanen berbagai jenis sayur mayur seperti, kangkung, jagung, kacang tanah, terung dan cabai,” ujar Suharini Eliawati.

Dikatakan Suharini, hasil panen tersebut seluruhnya dijual ke masyarakat. Uang dari hasil penjualan sebagian digunakan untuk membeli bibit tanaman untuk ditanam kembali. Dengan panen ini, Suharini berharap, ketahanan pangan di wilayah DKI Jakarta lambat laun dapat terkendali.

“Yang terpenting lagi kita bekerja sama untuk menurunkan angka stunting demi sukses Jakarta untuk Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Ketua Poktan Kebun Berseri Bintaro, Sugianto menambahkan, hasil panen yang didapat hari ini yakni, 600 kilogram jagung manis, 200 kilogram kacang tanah, 100 kilogram kangkung, 40 kilogram terung dan 20 kilogram cabai.

Untuk lahan yang digunakan sebagai areal pertanian, sambung Sugianto, sudah dilakukan sejak empat tahun lalu dan dikelola 10 anggotanya. Poktan Kebun Berseri Bintaro merupakan poktan binaan Dinas KPKP DKI Jakarta, melalui Sudin dan Satpel KPKP Kecamatan Pesanggrahan.

“Kami senang dengan panen bersama yang dilakukan hari ini. Hasil panen ini merupakan hasil penanaman yang dilakukan dua setengah bulan lalu,” tandasnya.

210