Presiden Ke – 7 RI Joko Widodo Kunjungi Pasar Buah Berastagi

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kemarin, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang lebih populer dikenal dengan sebutan Jokowi tersebut, mengunjungi Pasar Buah Berastagi Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, pada hari Sabtu, (13/04.2024). Pasar Buah dan Sayur yang sedang ramai, menjadi semakin ramai dan semarak dengan kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini, hingga sepanjang jalan ke area Pasar Buah di sesaki oleh warga masyarakat yang datang dari berbagai daerah saat menikmati liburan Idul Fitri 1445 H di kota dingin Berastagi itu.

Pasar Buah Berastagi bukan sekadar tempat transaksi jual beli buah dan sayuran antara wisatawan dan penjual, tetapi juga simbol dari kekayaan budaya dan kekayaan hasil pertanian Tanah Karo, khususnya sayur mayur dan buah-buahan. Di sini, berbagai jenis sayuran dan buah-buahan seperti kangkung, wortel, kentang merah, jeruk, mangga, markisa,dan salak serta yang lainnya tidak hanya dijual tetapi juga mewakili kehidupan para Petani yang sejak dahulu kala memelihara tanah ini dari generasi ke generasi.

Disini tampak Presiden Jokowi tidak ragu – ragu terjun langsung ke dalam keramaian, memilih dan membeli buah-buahan segar produksi lokal yang dijajakan para penjual setibanya di pasar buah Berastagi itu. Diketahui, Presiden Jokowi membeli buah Jeruk sebanyak lima kilogram, mangga sebanyak dua kilogram, salak sebanyak dua kilogram, dan kentang merah sebanyak dua kilogram.

Marlina Kataren, pedagang jeruk, menyatakan kegembiraannya dengan kehadiran sang Presiden selaku Kepala Negara. Baginya, pembelian dari Presiden Jokowi bukan sekadar transaksi ekonomi, melainkan juga simbol harapan agar dagangan para Pedagang buah di pasar tersebut makin laris.

“Alhamdulillah, senang sekali Bapak Negara hadir. Seperti mimpi ini, semoga dengan datangnya Bapak Jokowi, jualan kami makin laris,” kata Marlina.

Lilis Sembiring, Pedagang jeruk lainnya, menceritakan bahwa pertemuannya dengan Presiden Jokowi adalah hal yang emosional baginya. “Wah, tadi saya sempat melihat Pak Jokowi, air mata saya rasanya langsung mau keluar, Saya sangat senang hati Pak Jokowi boleh hadir di sini,” ujarnya.

Kunjungan Presiden tidak hanya meninggalkan kesan emosional yang mendalam bagi para pedagang, tetapi juga mengirimkan pesan kuat tentang pentingnya mendukung sektor pertanian lokal. Dengan sekitar 70 persen penduduk Kabupaten Karo bekerja pada sektor Pertanian, pasar ini tidak hanya menjadi tempat perdagangan, tetapi juga simbol kekuatan dan ketahanan komunitas lokal.

Diketahui ada sekitar 15 menit Presiden RI yang ke – 7 ini berbelanja di Pasar Buah ini dan ke esokan harinya Presiden bersama rombongan langsung bertolak ke Jakarta. Dan dirangkum dari berbagai sumber, sebelumnya Jokowi bersama keluarga tahun 1445 H ini merayakan Idul Fitri di kota Medan Sumatera Utara persisnya di kediaman Putrinya notabene istri dari Mantan Walikota Medan, Boby Nasution itu.

(David-Kominfo)