Dinkes Serukan Pemberian Imunisasi Rotavirus Untuk Bayi Baru Lahir

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyerukan agar semua anak-anak usia dua bulan yang lahir mulai tanggal 16 Mei 2023 di Jakarta mendapatkan imunisasi Rotavirus dalam rangka mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat penyakit diare.

Plt Kepala Dinkes DKI, Ani Ruspitawati menyampaikan, diare merupakan penyakit yang masih menjadi masalah kesehatan di dunia maupun di Indonesia dan menjadi penyumbang kematian nomor dua terbesar setelah pneumonia pada bayi dan balita.

“Diare terutama disebabkan oleh rotavirus. Di Provinsi DKI Jakarta angka kesakitan akibat diare pada balita tahun 2022 adalah sebesar 51.177 kasus. Untuk mengatasi angka kesakitan diare salah satunya dilakukan upaya imunisasi,” ujar Ani, saat Pencanangan Imunisasi Rotavirus di RPTRA Garuda Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (15/8).

Pelaksanaan Kick Off Rotavirus Pekan didasari oleh Surat dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor IM.02.02/C/3052/2023 tentang Pelaksanaan Pemberian Imunisasi Rotavirus (RV) Secara Nasional dan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/1139/2022 tentang Pemberian Imunisasi Rotavirus dengan sasaran bayi usia 2, 3, bulan dan 4 bulan, dimulai dengan sasaran para bayi yang lahir mulai 16 Mei 2023.

Ani menyampaikan, Dinkes DKI Jakarta bersinergi dengan SKPD terkait untuk ikut serta turun ke masyarakat dan menjelaskan ke seluruh orang tua bahwa imunisasi ini baik, aman dan sangat diperlukan.

“Posyandu, Puskesmas, rumah sakit dan semua fasilitas kesehatan kami minta untuk melaksanakan imunisasi Rotavirus,” ucap Ani.

Sebelumnya, pelaksanaan imunisasi Rotavirus di RPTRA Garuda ditandai dengan penetesan imunisasi rotavirus oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat, Ketua TP-PKK Provinsi DKI Jakarta, Asisten Kesejahteraan Rakyat Provinsi DKI Jakarta, Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Wali Kota dan Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Timur.

Dalam rangkaian kick off ini juga disediakan layanan posyandu Prima terintegrasi, Posbindu PTM, Vaksinasi COVID-19, Mobile Immunization RMHC, Lomba SDIDTK, Pemberian Hadiah tiga Balita terajin Posyandu dan Talkshow bertema Penting dan Aman Imunisasi Rotavirus di Puskesmas.

210