Dinas Dukcapil DKI Raih Dua Penghargaan Kemendagri

BERITA, JAKARTA36 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta kembali meraih dua perhargaan dengan kategori Dukcapil Kolaboratif dan Dukcapil Bisa dalam acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 2023.

Raihan prestasi dalam kategori Dukcapil Kolaboratif karena Dinas Dukcapil DKI Jakarta dianggap memiliki dedikasi yang luar biasa dalam mengkoordinasikan, membina, mengawasi dan memotivasi Suku Dinas Dukcapil Kota dan Kabupaten dalam

meningkatkan level tertinggi pelayanan administrasi kependudukan.

Sementara itu, kategori Dukcapil Bisa ini ditunjukan kepada Suku Dinas Dukcapil Jakarta Timur atas dedikasi dan komitmen yang kuat dan konsisten dalam menjalankan tugas sesuai kaidah layanan publik.

Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Budi Awaludin mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada seluruh jajarannya yang telah memberikan pelayanan terbaik dan menyenangkan bagi masyarakat.

Rasa terima kasih juga ditujukan kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono yang telah memberikan bimbingan dukungan. Termasuk juga kepada para kolaborator seperti DPRD DKI Jakarta, SKPD, institusi dan mitra lainnya atas dukungan dan kerja sama.

“Penghargaan ini menjadi motivasi dan semangat kami untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Jakarta,” kata Budi, Kamis (9/2).

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengucapkan selamat kepada Dinas Dukcapil yang telah mendapatkan penghargaan. Pihaknya berpesan, dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024, Dukcapil di seluruh Indonesia diminta bisa menyamakan persepsi sekaligus berkomitmen kuat untuk mendukung kemudahan layanan publik.

“Rakornas tahun ini mengusung tema ‘Digitalisasi Adminduk untuk Pelayanan Publik dan Pemilu 2024’. Karena dengan integritas beserta digitalisasi, data kependudukan dukcapil bisa meningkatkan layanan yang baik, akurat dan sederhana untuk masyarakat di seluruh Indonesia,” paparnya.

Zudan menyampaikan ada tujuh poin arahan penting yang harus dijalankan para pelayan administrasi kependudukan (adminduk) di seluruh indonesia.

Antara lain pembenahan seluruh sistem agar data yang dihasilkan akurat, mempermudah rakyat mendapatkan layanan dukcapil dan mengeksekusi program pemerintahan.

“Kita juga harus memperbaiki sumber daya manusia, mentalitas, integritas dan kompetisi. Salah satunya mengembangkan talent digital, dan terakhir ciptakan iklim yg kompetitif dengan berikan reward and punishment,” tandasnya.

210