500 Ribu Warga Jakbar Ditarget Miliki KTP Digital Tahun Ini

BERITA, JAKARTA32 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 500 ribu warga di Jakarta Barat ditargetkan mendapat Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital melalui aplikasi di telepon seluler pada tahun 2023.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Sudin Dukcapil) Jakarta Barat, Gentina Arifin mengatakan, pihaknya menargetkan sebanyak 500 ribu warga mendapat KTP digital melalui layanan peralihan administrasi kependudukan yang digelar di kelurahan dan kecamatan pada tahun ini.

“Kami menargetkan sebanyak 500 ribu atau 25 persen dari total warga di Jakarta Barat akan mendapatkan layanan KTP digital melalui aplikasi di telepon seluler pada tahun 2023,” ujar Gentina Arifin, Kamis (9/2).

Ia mengungkapkan, peralihan bentuk fisik menjadi digital dilakukan untuk memudahkan warga menggunakan KTP melalui aplikasi di telepon seluler miliknya. Menurutnya, layanan peralihan ke KTP digital akan dilakukan secara bertahap. Bagi warga Jakarta Barat yang ingin melakukan perubahan bisa langsung mndatangi kantor pelayanan dukcapil di kelurahan serta membawa fisik KTP.

“Petugas kami akan membantu proses perpindahan secara digital dengan cara mendownload aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD),” ungkapnya.

Ia berharap pemanfaatan aplikasi IKD mampu memudahkan warga beraktivitas sehingga tidak perlu lagi membawa fisik KTP.

“Aplikasi IKD memudahkan warga untuk menyimpan KTP secara digital sehingga saat dibutuhkan bisa langsung membuka di telepon seluler miliknya,” tandasnya.

210