by

Kadis Kesehatan : Akan Menyalurkan Secepatnya Sesuai DTKS Agar Logistik Tepat Sasaran

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Karo dan Dinas Sosial Kabupaten Karo akan menyaluran bantuan logistik berupa susu dan makanan tambahan bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Karo, drg. Irna S Meliala, Rabu (08/11.2023), menyampaikan bahwa bahwa bantuan logistik ini diperuntukkan bagi Balita dan ibu hamil yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Adapun kategori penerima bantuan tersebut yakni:

  1. Balita berusia 3 tahun ke bawah dengan berat badan kurang. Setiap anak akan mendapat 4 kotak susu masing-masing seberat 350 gram.
  2. Ibu hamil yang memiliki Lingkar Lengan Atas (LILA) rendah atau Indeks Massa Tubuh (IMT) kurus, anemia yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Nah ini kita dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karo telah menerima paket bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara berupa susu dan makanan tambahan. Adapun rincian bantuan tersebut yakni:

  1. Protein Vanila Sebanyak 1.038 Sachet;
  2. Protein Cokelat Sebanyak 1.196 Sachet;
  3. Susu Dancow Anak rasa vanilla sebanyak 523 Kotak;
  4. Susu Dancow Anak rasa vanilla sebanyak 523 Kotak; dan
  5. Biskuit Balita/ Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Balita sebanyak 645 Koli (satuan volume yang digunakan dalam pengiriman barang).
    Dan akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya,” terang Kadis Kesehatan ini.

Dan saat di tanya kapan dan bagaimana sistem penyalurannya, Kadis Kesehatan ini mengatakan,” penyaluran akan kita lakukan secepatnya namun menunggu kesiapan pihak Dinas Sosial terkait pendataan yang sesuai DTKS, akar tepat sasaran, artinya bila dipihak Dinas Sosial selesai melakukan Skrining, kita langsung mengarahkan ke setiap Puskesmas untuk membagikan ke yang berhak menerimanya,” jelas Kadis ini.

(David)