Dinas PPKUKM Gelar Business Matching Batch IX Di Balai Kota

BERITA, JAKARTA111 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) menyelenggarakan Business Matching Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Batch IX Tahun 2023.

Kegiatan ini diselenggarakan mulai 6-9 November 2023 di Balai Pertemuan, Lantai Dasar Blok G Balai Kota DKI Jakarta dan diikuti sebanyak 18 perusahaan industri di berbagai sektor.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, tujuan diselengarakannya kegiatan tersebut untuk mempertemukan kebutuhan pengadaan pemerintah dengan para produsen Produk Dalam Negeri sehingga dapat mendorong penyerapan produk-produk lokal dan mengurangi ketergantungan akan produk impor.

Ratu menyampaikan, sektor industri di Jakarta menjadi salah satu kontributor penting bagi perekonomian daerah dan nasional, terutama dalam menyongsong Jakarta menjadi Kota Global.

“Oleh karenanya, pemberdayaan industri terus dilakukan secara intensif yakni melalui program peningkatan penggunaan produk dalam negeri atau P3DN,” ujar Ratu, Senin (6/11).

Ratu menjelaskan, kegiatan Business Matching P3DN ini diselenggarakan secara rutin untuk membuka peluang tersebut seluas-luasnya agar produk Indonesia dapat berjaya di negerinya sendiri.

“Pada tahun 2023, Provinsi DKI Jakarta telah berkomitmen untuk belanja Produk Dalam Negeri sebesar Rp 15,8 triliun. Target inilah yang harus kita lampaui dan kerjakan bersama-sama,” katanya.

Dia mengatakan, Provinsi DKI Jakarta terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI dan BBWI) yang telah dibuka secara resmi pada September lalu.

Selain itu, DKI Jakarta juga dipilih sebagai salah satu provinsi yang dilibatkan dalam penyusunan Manajemen Resiko Pembangunan Nasional (MRPN) P3DN yang saat ini sedang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Ratu menambahkan, Provinsi DKI Jakarta telah masuk nominasi penerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah dengan Nilai Transaksi Belanja Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro dan Usaha Kecil Terbesar pada acara Anugerah Pengadaan 2023.

“Kita bersama mengaminkan Provinsi DKI Jakarta tetap menjadi yang terbaik dalam pelaksanaan P3DN di tahun ini dan mempertahankan predikat Juara 1 Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik Kategori Pemerintah Daerah yang telah kita peroleh di tahun lalu,” tandas Ratu.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut juga dihadiri perusahaan-perusahaan dari Bekasi, Sukabumi, Bandung, Bogor, Jepara, Bantul, Yogyakarta, Surabaya yang menjadi eksibitor P3DN dan menjadi bukti nyata “Sukses Jakarta untuk Indonesia”.

210