Bawaslu Karo Gelar Rapat Koordinasi Stakeholder Terkait Pengembangan Fungsi Strategis Kelembagaan

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karo, gelar rapat koordinasi stakeholder terkait pengembangan fungsi strategis kelembagaan, jelang tahapan pemilihan Kepala Daerah, di hotel Internasional Sibayak Berastagi, pada hari Rabu (03/04.2024) sekira pukul 16.00 WIB yang dihadiri dari berbagai elemen masyarakat.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gemar Tarigan (Ketua) didampingi oleh Oda Kinata Banurea (Anggota) dan Jeffri Anto Sihotang ( Koordinator Sekretariat) Bawaslu Kabupaten Karo.

Dan dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Karo, Gemar Tarigan mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan hasil kinerja Bawaslu, usai Pemilu pada Februari 2024 lalu, hingga selesai tidak ada pengaduan, dan pelanggaran, baik dari pihak politik atau pun perorangan.

”Sistem kinerja Bawaslu saat ini dengan Cegah, Awasi,Tindak (CAT) dan pihak Bawaslu tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada stakeholder, dan masyarakat Karo, yang ikut menyukseskan kesuksesan Pemilu lalu, dan harapan kami Pilkada kedepannya nanti masyarakat Karo tetap menjaga marwah ‘Bumi Turang,” ujarnya.

Sementara itu, Kordiv P3S Bawaslu, Oda Kinata Banurea menyampaikan, dimana pihak Bawaslu melakukan pengawasan pada Pemilu beberapa waktu lalu, benar-benar dilaksanakan secara demokrasi.

”Kami juga tetap berharap pada Pilkada nanti sama dengan masa Pemilu, tidak ada pelanggaran-pelanggaran, dengan adanya peran serta stakeholder, yang ikut berperan hingga berlangsungnya Pilkada kondusif nantinya,” sebutnya.

Lanjutnya lagi, kami melakukan pencegahan dan pengawasan, harapan kami kedepannya para stakeholder ikut menjaga marwah Tanah Karo, mempertahankan sistem Pemilu bebas, langsung dan Rahasia,” pungkasnya.

Dimana, Bawaslu Kabupaten Karo tersebut juga menghadirkan Mulia Banurea yang merupakan Ketua Tim Humas, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Sumatera Utara dan Marwan (Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Utara periode 2018-2023) sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut.

Dalam materinya Mulia Barus menyampaikan pentingnya peran serta tokoh agama dan masyarakat pada penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 mendatang di Kabupaten Karo agar berjalan dengan baik dan kondusif. Begitu juga Marwan menjelaskan perlunya evaluasi penyelenggaran pemilu tahun 2024 dan harapan menuju pilkada 2024 supaya tahapannya berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya, Jurnalis Tanah Karo, Perwakilan Ormas, Tokoh Masyarakat, Perwakilan komunitas keagamaan di Tanah Karo serta narasumber yang didatangkan dari luar Karo, diantaranya mantan Komisioner KPU Sumatera Utara dan Bawaslu Sumatera Utara.

(David)