by

Pemkab Karo Deklarasikan Uji Coba Pelayanan Air Bersih 24 jam Tirta Malem Zona Terbatas Kabanjahe

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang deklarasikan Uji Coba Pelayanan Air Bersih 24 jam di Zona Terbatas Kabanjahe oleh PDAM Tirta Malem bertempat di Ruang Rapat Bupati, Jumat kemarin (03/11.2023).

Dalam tahap awal, uji coba layanan diberlakukan di Kabanjahe dengan zona terbatas meliputi sejumlah wilayah yakni: Gang Garuda, Gang Saudara, Gang Rejeki, Gang Berahmana, Gang Subur, Jalan UKA, Gang Aman, Gang Mejuah-juah, Gang Pemda, Gang Persada Indah, Jalan Ketaren, Desa Samura, Perumahan Nuansa Asri II, Gang Karsima, Gang Elsadai, Gang Bersama, Gang Madu, Gang MP Purba, Rumah Kabanjahe, Gang Klasis, dan Gang Parapat yang meliputi 1.612 Pelanggan.
Bupati menyebutkan bahwa melalui uji coba tersebut pelanggan akan dapat mengakses air bersih 24 jam non-stop setiap harinya. PDAM Tirta Malem juga terus melakukan ujicoba dan perbaikan untuk memperluas area layanan 24 jam air bersih sehingga nantinya dapat dinikmati di seluruh wilayah.
“Meski saat ini area layanan air bersih 24 jam masih terbatas, namun PDAM Tirta Malem akan tetap melakukan perbaikan jaringan agar pelayanan 24 jam bisa dilakukan merata” ujar Bupati.
Usai deklarasi, Bupati Karo didampingi Sekretaris Daerah, K. Terkelin Purba dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Dapatkita Sinulingga bersama-sama kemudian meninjau sumber mata air yang berada di Desa Rumah Kabanjahe dan Desa Ketaren.

Sebagai informasi, mulai November 2023, PDAM Tirta Malem akan melaksanakan pemindahan sambungan pada zona yang meliputi: Jln. Pahlawan, Jln. Letnan Rata Peranginangin, Jln. Sudirman, Jln. Kartini, Jln. Kapten Pala Bangun, Jln. Mumah Purba, Jln. Sukaraja Munthe, Jln. Bambu Runcing, Jln. Upah Tendi, Jln. Kapten Bangsi Sembiring, Jln. Bom Ginting, Jln. Irian, Jln. Nabung Surbakti, Jln. Abdul Kadir, Gang Singkat, Jln. Bengkel, Jln. Mesjid, Jln. Muli Sebayang meliputi 3.044 Pelanggan.
Pemindahan sambungan dari jaringan distribusi lama ke jaringan distribusi baru tersebut diharapkan selesai paling lambat di bulan Oktober 2024.
Dan diketahui pula dengan selesainya pemindahan jaringan ini maka akan tersedia 1.500 sambungan baru, sehingga masyarakat yang membutuhkan sambungan baru dapat mendaftar ke kantor PDAM Tirta Malem mulai Desember 2023.

(David – Kominfo)